Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Jamin Bantuan Operasional Tutupi Biaya PTN

Kompas.com - 19/07/2012, 16:14 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjamin seluruh biaya operasional di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) akan ditutupi oleh negara. Pemerintah akan memberikan Bantuan Operasional (BO) PTN. Dengan bantuan ini, pada tahun 2013 mendatang, mahasiswa hanya dibebankan untuk membayar SPP. Biaya diluar itu akan ditutupi oleh BO PTN. (Baca: 2013, Mahasiswa PTN Hanya Bayar SPP)

"Kami sudah mulai menghitung-hitung semuanya. Dan arahnya adalah menutup biaya selain SPP," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, Kamis (19/7/2012), di Jakarta.

Ia mengatakan, besaran Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang diperoleh dari seluruh PTN mencapai Rp 12 triliun setiap tahunnya. Dari angka tersebut, Kemdikbud telah mengurai berapa besar alokasi dana PNBP yang dapat digunakan kembali untuk operasional PTN.

Menurut hasil penghitungan sementara, Kemdikbud memperkirakan Rp 3-4 triliun dapat digunakan untuk menutupi kebutuhan operasional di PTN. Angka sebesar itu, kata Nuh, diperkirakan dapat menutup biaya di luar SPP, di antaranya uang gedung dan pengembangan.

"Itu kenapa nantinya semua mahasiswa di PTN hanya bayar SPP saja," ujarnya.

Menurut Nuh, kebijakan ini telah memiliki payung hukum yang jelas, yaitu UU Pendidikan Tinggi (UU Dikti) yang baru disahkan pada 13 Juli 2012. Ke depannya, sebanyak 92 PTN di Indonesia dapat membiayai kebutuhan riset, beasiswa dosen, dan pembangunan gedung dari BO PTN.

"Harus maklum, pembiayaan kampus itu tinggi maka diperlukan bantuan dari masyarakat. Tapi dengan BO PTN ini semua (selain SPP) bisa kita tutupi," kata Nuh.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com