Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2,5 Juta Anak di Luar Sekolah Bakal Jadi Ancaman

Kompas.com - 22/07/2012, 14:48 WIB
M Latief

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Sebanyak 2,5 juta orang anak Sulawesi Selatan di luar sekolah, berdasarkan data UNICEF Indonesia, akan menjadi ancaman di masa mendatang. Anak-anak tersebut harus segera mendapatkan perhatian serius dari pemerintah setempat. 

Kepala Perwakilan UNICEF Wilayah Sulselbar, Maluku, Maluku Utara dan Papua, Purwanta Iskandar, di Makassar, Minggu (22/7/2012), mengatakan kondisi tersebut sangat memprihatinkan di tengah Hari Anak Nasional yang diperingati setiap tahun. Menurutnya, anak-anak di luar sekolah itu sebagian besar berada di jalan sebagai pekerja anak.

Di sisi lain, lanjut dia, kebijakan Pemprov Sulsel melalui program pendidikan gratis yang dijalankan sejak 2008 dinilai belum dapat menjangkau jutaan anak di luar sekolah itu. Purwanta mengatakan, saat ini mereka memang masih anak-anak, tapi sepuluh tahun mendatang mereka akan menjadi orang dewasa sehingga dikhawatirkan menjadi potensi pengangguran baru ataupun pelaku tindak kriminal.

"Karena itu, kebijakan pemerintah harus proanak, sehingga semua anak mendapatkan kesempatan dan hak yang sama, misalnya dalam mengecap pendidikan," katanya.

Sementara mengenai program pendidikan gratis yang diusung Pemprov Sulsel di bawah kepemimpinan Syahrul Yasin Limpo, menurut dia, belum dapat menjangkau anak-anak luar sekolah yang jumlahnya mencapai 2,5 juta orang. Menurut dia, program pendidikan gratis hanya mengintervensi anak-anak di dalam sekolah saat ini, baik pada jenjang pendidikan dasar hingga lanjutan. Sementara anak-anak usia sekolah yang tidak bersekolah, karena drop out dengan alasan tidak ada biaya atau harus bekerja untuk membantu perekonomian keluarganya, belum diintervensi secara optimal. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com