Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UTM-IPM Upaya Jaring Mahasiswa Berkemampuan Wirausaha

Kompas.com - 22/07/2012, 23:46 WIB

BOGOR, KOMPAS.com - Ujian Talenta Masuk Institut Pertanian Bogor (UTM-IPB) menjadi upaya perguruan tinggi itu untuk menjaring mahasiswa yang mempunyai kemampuan kewirausahaan.

"Selain itu yang punya talenta ’leadership’ atau kepepimpinan," kata Direktur Pengkajian dan Pengembangan Akademik IPB Ir Lien Herlina, M.Sc di Bogor, Jawa Barat, Minggu (22/7/2012).

Ia menjelaskan bahwa masyarakat umum seringkali salah memahami bahwa UTM-IPB merupakan jalur mandiri yang diselenggarakan IPB.

Padahal, kata dia, UTM-IPB sebenarnya hanya salah satu dari lima jalur masuk ke IPB. "Selama ini masyarakat memahami UTMI itu ujian mandiri, padahal bukan. IPB dalam menjaring calon mahasiswa baru berkualitas melalui lima jalur," katanya.

Lima jalur itu adalah SNMPTN undangan, SNMPTN ujian tertulis, beasiswa utusan daerah (BUD), prestasi internasional nasional (PIN) dan UTM-IPB.

Menurut dia, ujian mandiri seringkali dikonotasikan sebagai jalur masuk ke suatu perguruan tinggi tertentu dengan keharusan membayar sejumlah biaya tinggi.

Sementara biaya pendidikan di IPB tidak ada perbedaan antara mahasiswa yang masuk dari kelima jalur tersebut, kecuali BUD.

"Biaya pendidikan BUD agak sedikit berbeda karena menyesuaikan kesepakatan dengan pihak sponsor. Umumnya pihak sponsor meminta IPB agar para mahasiswa BUD yang terikat dinas dengan sponsor dibekali keahlian khusus," katanya.

Tentu saja, kata dia, hal itu berimplikasi terhadap biaya pendidikan. Menurut Lien Herlina, yang juga Ketua Pelaksana UTM-IPB, dibandingkan tahun 2011, pendaftar UTM-IPB 2011 ini meningkat dua kali lipat, dari sekitar seribu menjadi 2.221 pendaftar.

"Peningkatan jumlah pendaftar ini terjadi karena dua faktor. Pertama, sosialisasi UTM yang dilakukan IPB selama ini ke berbagai daerah terbilang masif," katanya.

Kedua, jadwal pelaksanaannya yang tepat dan mengakomodasi peserta yang tidak lolos baik dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur undangan maupun tertulis.

Ujian pelaksanaan UTM-IPB tahun 2012 ini diselenggarakan di empat lokasi yakni Bogor, Medan, Makassar dan Surabaya. Para peserta UTM-IPB itu bersaing ketat untuk memperebutkan sekitar 300 bangku.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com