Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Juara Nasional UN Berharap Beasiswa Bidik Misi

Kompas.com - 29/07/2012, 09:55 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Semarang, Mutiarani (18), yang meraih peringkat pertama ujian nasional (UN) 2012 se-Indonesia mengikuti seleksi jalur mandiri Universitas Negeri Semarang. Mutiarani mengungkapkan, ia mengikuti jalur mandiri karena sebelumnya tidak mengikuti jalur tulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan tak lolos jalur undangan.

"Ya, saya memang ingin kuliah di Unnes. Pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur undangan lalu saya tidak lolos," kata Mutiarani, seusai mengikuti ujian jalur mandiri, di Semarang, Sabtu (28/7/2012).

Mutiarani mengatakan, ia berkeinginan meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Akan tetapi, ia juga menghadapi kesulitan secara ekonomi. Remaja kelahiran Semarang, 27 November 1994 itu mengaku mendaftar beasiswa "Bidik Misi". Beasiswa ini memang diperuntukkan bagi siswa berprestasi yang berasal dari keluarga kurang mampu.
    
"Kalau tidak dapat beasiswa Bidik Misi, ya, saya mungkin akan bekerja dahulu. Alhamdulillah kalau dapat Bidik Misi sehingga saya tidak memikirkan berapa biaya kuliah karena sudah ditanggung oleh Pemerintah," katanya.

Putri pasangan Juwarto (almarhum) dan Sutarmi (58), warga Pudakpayung Setuk RT 6/RW 4 Semarang itu mengungkapkan, ia ingin kuliah di jurusan Akuntansi.

"Ada dua pilihan dalam SPMU. Saya ambil Jurusan Akuntansi dan Pendidikan Akuntansi. Saya memang senang dengan pelajaran Akuntansi. Apalagi, selama sekolah di SMK saya juga mengambil program keahlian akuntansi," katanya.

Dalam ujian mandiri SPMU, anak bungsu dari tiga bersaudara itu menghadapi tiga materi ujian yakni tes potensi akademik, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris dengan tingkat kesulitan yang relatif.

"Ada yang mudah, ada juga yang sulit, ya, biasalah. Kalau saya ditanya, saya harus tetap optimistis lolos SPMU karena ini harapan saya bisa berkuliah dan mendapatkan beasiswa Bidik Misi," kata Mutiarani.

Sementara itu, Rektor Unnes Prof. Sudijono Sastroatmodjo mengakui bahwa Mutiarani memang mengikuti SPMU yang merupakan jalur mandiri Unnes dan pihaknya siap memfasilitasi jika ada mahasiswa kesulitan biaya kuliah.

"Prinsipnya, dia (Mutiarani) tetap harus bersaing dengan peserta-peserta lain melalui SPMU dan dinilai secara objektif. Hanya saja, nilai UN memang menjadi salah satu pertimbangan dalam penilaian," katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com