Kompas.com - 30/07/2012, 07:37 WIB
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski menuai sejumlah penolakan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) tetap konsisten menggelar Uji Kompetensi Guru (UKG) SMP.

Secara nasional, ujian tersebut diikuti seluruh guru SMP (PNS/non-PNS) yang telah tersertifikasi mulai hari ini sampai 12 Agustus 2012 mendatang. UKG sendiri dilaksanakan secara online.

Langkah ini ditujukan untuk mengedukasi guru dan panitia daerah agar tertib, disiplin, dan arif bijaksana dalam melaksanakan ujian tersebut. Misalnya, jika salah seorang guru peserta terdaftar di tempat A, yang bersangkutan tidak bisa secara mendadak pindah tes ke tempat B.

Kalaupun ada guru yang akan pindah lokasi tes, rencana tersebut harus diusulkan kepada panitia di dinas pendidikan kabupaten/kota untuk diteruskan kepada panitia pusat (sistem komputer pusat). Sistem ini juga sekaligus juga untuk menghindari kemungkinan adanya praktik perjokian.

Dari segi waktu, UKG online juga sangat fleksibel. Guru peserta bisa datang pada jadwal tes (pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.00) dalam rentang waktu pelaksanaan. Sehingga, guru peserta dapat menyesuaikan waktu mengikuti UKG sesuai dengan waktu luangnya.

Dari informasi yang dihimpun Kompas.com, pelaksanaan UKG guru SMP di Jakarta digelar di beberapa sekolah. Seperti SMPN 19, SMAN 89, SMAN 9 dan sekolah-sekolah lainnya.

Rencananya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh juga akan melakukan inspeksi mendadak ke salah satu sekolah yang menyelenggarakan UKG.

Seperti diberitakan, pemerintah berinisiatif menggelar UKG lantaran ingin memetakan kompetensi guru sekaligus menilai korelasi peningkatan mutu guru tersertifikasi setelah diberikan tunjangan profesi.

Tunjangan profesi diberikan pada guru tersertifikasi sebesar satu kali gaji (guru PNS) dan Rp 1.500.000 (non PNS) di setiap bulannya. Dana sebesar itu sejatinya dapat dimanfaatkan para guru untuk meningkatkan kompetensi, seperti melanjutkan sekolah atau membeli buku-buku pengayaan materi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.