Lagi, Uji Kompetensi Guru di Semarang Gagal!

Kompas.com - 31/07/2012, 14:58 WIB
EditorInggried Dwi Wedhaswary

SEMARANG, KOMPAS.com - Pelaksanaan uji kompetensi guru (UKG) hari kedua di Kota Semarang, Selasa (31/7/2012), kembali mengalami kegagalan karena problem jaringan internet. Komputer yang digunakan para peserta untuk mengerjakan soal ujian tak dapat tersambung ke server pusat.

Salah satunya yang terjadi di SMA Negeri 3 Semarang. Para guru yang menjadi peserta UKG ada yang mencoba koneksi komputer, dan sebagian lagi hanya duduk di depan monitor.

Menurut Endang Susilowati, salah satu peserta UKG di SMA Negeri 3 Semarang, komputer yang sedianya digunakan untuk ujian tidak dapat terkoneksi dengan server pusat, sehingga tidak bisa melakukan login.

"Saya kebagian ujian gelombang pertama pukul 07.00-10.00 WIB. Namun, karena tidak bisa login akhirnya ditunda. Saya manut saja, bagaimana lagi," kata guru pengampu pelajaran Biologi di SMA Negeri 3 Semarang itu.

Kepala SMA Negeri 3 Semarang Hari Waluyo mengakui , pelaksanaan UKG hari kedua ini untuk gelombang pertama dan kedua sudah diinstruksikan ditunda. Sementara, UKG gelombang tiga masih menunggu keputusan.

"Pelaksanaan UKG gelombang ketiga baru dimulai pukul 14.00-16.30 WIB. Kami masih menunggu keputusan dari Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Tengah dan Dinas Pendidikan Kota Semarang," katanya.

Hari menyebutkan, setidaknya 65 guru SMA Negeri 3 Semarang yang melaksanakan UKG di sekolah tersebut. Ada pula guru-guru dari sekolah lain yang dibagi sesuai jadwal mulai 30 Juli hingga 4 Agustus 2012.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Disdik Kota Semarang Tri Waluyo mengatakan, UKG hari pertama yang gagal dilaksanakan sudah diputuskan akan digelar ulang pada 5 Agustus 2012.

"Untuk UKG hari kedua ini ternyata kembali mengalami kegagalan koneksi dengan server sehingga ditunda juga. Kami sudah mendapatkan instruksi LPMP Jateng untuk penundaan UKG hari pertama dan kedua," kata Tri.

Ia mengakui, problem yang dihadapi saat pelaksanaan UKG hari kedua ini masih sama seperti hari pertama kemarin, yaitu peserta tidak bisa login karena komputer tidak terkoneksi.

"Problem semacam ini tidak hanya dialami di Semarang, melainkan di berbagai daerah. Kalau terus mengalami kegagalan koneksi dengan server pusat, peserta UKG diusulkan ikut saat susulan bulan Oktober 2012," papar Tri.

 

Baca tentang


    Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    Close Ads X