Kompas.com - 01/08/2012, 11:11 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meluncurkan kartu gratis wajib belajar 12 tahun untuk para siswa, Rabu (1/8/2012), di SMK Negeri 13 Rawa Belong, Palmerah, Jakarta Barat.

Dengan wajib belajar 12 tahun mulai tingkat SD hingga SMA, akses pendidikan bagi warga Jakarta diharapkan semakin luas.

Dalam sambutannya, Gubernur Fauzi Bowo mengatakan, apabila sebelumnya wajib belajar hanya sampai tingkat SMP, kini diperluas hingga tingkat SMA.

"Pemerintah DKI Jakarta ingin lakukan pendekatan integral bagi siswa sehingga mendapat pendidikan berkualitas secara gratis," katanya.

Kartu itu untuk menunjukkan para siswa berhak mendapatkan biaya pendidikan dari pemerintah provinsi. Anggaran keseluruhan untuk kartu gratis wajib belajar 12 tahun itu mencapai Rp 675 miliar.

"Di balik kemajuan pendidikan di DKI Jakarta, kita juga menyadari masih ada saudara-saudara kita yang tergolong miskin. Karena itu, pemberian kartu gratis harus menjangkau seluruh komponen masyarakat, baik yang berprestasi di sekolah maupun mereka yang belum mampu atau tidak berprestasi di sekolah masing-masing," ujar gubernur.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    25th

    Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X