Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekolah Negeri dan Swasta Sama-sama Berhak

Kompas.com - 01/08/2012, 11:55 WIB
Ali Sobri

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai tindak lanjut pencanangan program Wajib Belajar 12 tahun, Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo secara resmi meluncurkan kartu gratis Wajib Belajar 12 tahun, Rabu (1/8/2012) pagi. Secara simbolik, kartu belajar ini diserahkan pertama kali di gedung SMKN 13 Palmerah Jakarta Barat.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Taufik Yudi Mulyanto, mengatakan, peningkatan jaminan pendidikan anak usia sekolah ini tak hanya diberikan untuk sekolah negeri saja, tetapi juga untuk sekolah swasta di Jakarta.

"Untuk jenjang SMA, SMK, dan MA baik sekolah negeri dan swasta berhak mendapatkan kartu ini," katanya dalam sambutan di depan dewan guru, orangtua murid dan siswa/i SMKN 13 Palmerah Jakarta Barat.

Taufik juga menjelaskan, program ini digelar setelah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana meningkatkan program sebelumnya, yaitu wajib belajar 9 tahun, ke wajib belajar 12 tahun.

"Ini sebagai bentuk nyata sesuai pencanangan program pendidikan pada tanggal 2 Mei lalu, yaitu kartu gratis Wajib Belajar 12 Tahun ini sudah dapat diakses masyarakat untuk mendapatkan pelayanan pendidikan tanpa biaya atau gratis," ungkapnya.

Selain diluncurkan di SMKN 13 Palmerah, kartu gratis itu juga diluncurkan dan dibagikan serempak di sejumlah sekolah di Jakarta, antara lain di SMAN 10 Mangga Besar Jakarta Pusat, SMAN 102 Cakung Jakarta Timur, SMK 61 Pulau Tidung di Kepulauan Seribu, SMAN 6 Jakarta Selatan, SDN Pegangsaan II 05 Pagi Jakarta Utara, SMA 75 Cilincing, serta SMPN 193 Cilincing Jakarta Utara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com