Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dekan Sampaikan Mosi Tidak Percaya

Kompas.com - 03/08/2012, 02:22 WIB

Jakarta, Kompas - Sembilan dekan Universitas Indonesia menyampaikan surat mosi tidak percaya atas kepemimpinan Rektor Universitas Indonesia Gumilar R Somantri. Surat mosi tidak percaya disampaikan kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh.

Kesembilan dekan tersebut berasal dari Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Teknik, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, serta Fakultas Ilmu Komputer.

Mosi tidak percaya disampaikan setelah Rektor UI memberhentikan tujuh dekan yang dinilai sudah habis masa jabatannya. Dalam surat mosi tidak percaya itu, para dekan menilai Rektor UI sudah mengganggu proses belajar-mengajar di UI, khususnya dalam penetapan kelulusan dan penandatanganan ijazah.

Alasan lain, Rektor UI tidak dapat menciptakan hubungan kerja yang kondusif dengan para dekan serta tidak dapat menjaga keutuhan dan kebersamaan seluruh warga UI.

”Pada prinsipnya, semua dekan di UI mendukung mosi tidak percaya,” kata Ratna Sitompul, seorang dekan yang diberhentikan, Kamis (2/8), di Jakarta.

Dalam penjelasan yang disampaikan Rektorat UI, kesembilan dekan itu diberhentikan karena sudah habis masa jabatannya antara Februari 2012 dan April 2012. Pada 27 Juli 2012, Rektor menerima surat dari Majelis Wali Amanat UI yang meminta Rektor melakukan pemilihan dekan yang habis masa jabatannya. Rektor kemudian memberhentikan para dekan tersebut pada 31 Juli. (ELN)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com