Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berakhir 14 Agustus, Gumilar Tak Perpanjang Masa Jabatan

Kompas.com - 03/08/2012, 08:51 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Masa jabatan Gumilar R Somantri sebagai Rektor Universitas Indonesia (UI) akan berakhir pada 14 Agustus 2012. Per tanggal itu, Gumilar akan berhenti sebagai Rektor UI dan menyerahkan posisinya kepada pelaksana tugas dari eselon 1 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan hingga UI resmi memiliki rektor baru.

Kepala Kantor Komunikasi UI Siane Indriani menegaskan, Gumilar tidak akan meminta perpanjangan masa jabatan. Menurutnya, hal itu merupakan bentuk keseriusan Gumilar untuk menjaga netralitas dalam pemilihan rektor pada Oktober 2012 mendatang.

"Berhenti karena habis masa jabatannya. Majelis Wali Amanat yang memberi masukan agar kursi rektor sementara diserahkan pada pejabat eselon 1 Kemdikbud," kata Siane kepada Kompas.com, Jumat (3/8/2012).

Gumilar R Somantri resmi menjadi rektor pada Agustus 2007 melalui Surat Keputusan Majelis Wali Amanat (MWA) UI. Selama lima tahun kepemimpinannya, Gumilar dinilai sering mengambil keputusan besar dan kontroversial.

Dalam kurun dua tahun ini, kebijakan Gumilar yang paling disoroti adalah saat memberikan gelar Doktor Honoris Causa kepada Raja Arab, Abdullah bin Abdul Aziz. Selain itu, Gumilar juga memrakarsai pembangunan perpustakaan mewah di UI, pembangunan driving range, dan terakhir memberhentikan tujuh dekan dan seorang kepala program pascasarjana secara sekaligus. Sebelumnya, keputusannya memberhentikan Dekan Fakultas Kedokteran UI Ratna Sitompul juga menuai kontroversi.

Kebijakan-kebijakan kontroversial itu akhirnya membuat Gumilar mendapatkan tentangan dari sejumlah organisasi internal di kampus UI yang vokal menyuarakan tata kelola kampus yang transparan. Bahkan, Gerakan UI Bersih mengadukan temuannya terkait dugaan korupsi sejumlah proyek di UI kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com