Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemdikbud: Banyak Daerah Sukses Gelar UKG

Kompas.com - 03/08/2012, 09:33 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidik (BPSDMP-PMP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Syawal Gultom, optimistis menyelesaikan proses Uji Kompetensi Guru (UKG) sampai selesai. Dia mengklaim, banyak daerah penyelenggara uji kompetensi di yang sukses melaksanakan UKG.

"Banyak tempat uji kompetensi yang 90 persen sukses menggelar UKG," kata Syawal melalui pesan singkat, Kamis (2/8/2012) sore.

Dia juga menegaskan, kegagalan pelaksanaan UKG hanya terjadi di tingkat terbawah, atau biasa disebut TUK (tempat uji kompetensi) dan tidak terjadi di tingkat provinsi. Mayoritas, lanjutnya, kegagalan UKG disebabkan oleh tidak validnya data guru peserta dan sistem internet yang gagal terkoneksi.

"UKG yang ditunda itu bukan di provinsi, tapi di TUK beberapa daerah karena perbedaan data dan gangguan internet," jelasnya.

Pelaksanaan UKG tengah menjadi perhatian. Pasalnya, ujian yang lahir atas inisiatif Kemdikbud untuk memetakan kompetensi guru ini diwarnai sejumlah masalah. Mulai dari sistem internet yang gagal terkoneksi, sampai soal ujian yang mengkhawatirkan. Semua guru yang gagal dijadwalkan kembali mengikuti UKG pada ujian gelombang dua mulai 2 Oktober mendatang.

UKG sendiri pada tahun ini menguji 1.020.000 guru penerima tunjangan profesi. Guru tersertifikasi di 448 kabupaten/kota mengikuti ujian secara online, dan 49 kabupaten lainnya mengikuti ujian manual. Kemdikbud berharap, hasil ujian ini dapat menjadi data awal untuk melakukan pembinaan dalam rangka meningkatkan kompetensi guru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com