Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Ini Tekan yang Mana Dulu?"

Kompas.com - 06/08/2012, 12:41 WIB
Ali Sobri

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jari jemari Irnapis (52) masih terlihat kaku menggunakan perangkat komputer yang menyajikan deretan soal yang harus dikerjakan. Hari ini, Senin (6/8/2012), Irnapis, seorang guru sekolah dasar (SD) menjalani uji kompetensi guru yang berlokasi di SMA 68, Salemba, Jakarta Pusat.

Ia memang belum terbiasa menggunakan perangkat komputer. Tetapi, jika dibandingkan para guru-guru SD lainnya yang sedang mengikuti ujian hari ini, Irnapis tergolong yang paling semangat.

"Ibu sudah tua. Ini mau mulai aja susah, tekan yang mana dulu?," kata Irnapis, saat akan mulai mengerjakan soal pertama.

Sebelumnya, saat proses registrasi, ia pun dibantu seorang petugas operator. 

"Soalnya saya jarang sekali pakai komputer di rumah," kata Irnapis.

Kebingungannya tak berhenti sampai di situ. Guru mata pelajaran IPA ini tetap belum bisa fokus pada soal-soal yang tersaji di hadapannya. "Sekarang sudah nomor dua kan ya?," kata Irnapis lagi, saat melihat angka di atas desktop menunjukkan 2/100 alias soal kedua dari seratus butir soal yang harus dikerjakan.

Lain halnya dengan Maimunah (56). Ibu guru ini tampak kebingungan dan celingukan saat mengerjakan soalnya.

"Ini kok pilihan D-nya tidak ada?," ujarnya panik.

Ternyata, saat dicek oleh petugas, soal yang tengah dikerjakan Maimunak cukup panjang. Sehingga, saat memasuki pilihan ganda, opsi D berada di bagian paling bawah.

"Ibu tarik saja scroll-nya, seperti ini!," kata petugas itu.

"Oh iya ya, Alhamdulillah ada jawabannya!," ujarnya sumringah.

Sementara itu, nasib Woeri Vive Khananda (40), lain lagi. Guru mata pelajaran Bahasa Inggris ini cukup cekatan saat melakukan registrasi online (log in). Sayangnya, ia terpaksa pulang ke rumahnya lantaran server menolak registrasinya. Soal Bahasa Inggris yang dinantikannya pun lagi-lagi gagal diakses.

"Saya sudah bisa menduga kalau soal Bahasa Inggris untuk tingkat SD tidak akan keluar. Sudah saya coba online beberapa kali di rumah, tapi soalnya memang tidak keluar dari pusat," kata Nanda kepada Kompas.com.

Nanda mengaku, hal itu terjadi karena program untuk menjadi guru mata pelajaran di SD belum genap satu tahun atau masih baru.

"Penasaran saja, ingin uji coba. Pengen tahu jenis soalnya kayak gimana," ujarnya kecewa.

Namun Nanda tidak dapat berbuat banyak. Selain menunggu keputusan Dinas Pendidikan, ia hanya bisa mendoakan rekan-rekannya sukses menjalani ujian kompetensi guru hari ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com