Kompas.com - 06/08/2012, 16:01 WIB
EditorCaroline Damanik

SITUBONDO, KOMPAS.com - Kembali merebaknya kasus "bullying" di sekolah mendorong pencarian solusi yang tegas. Untuk mengantisipasi terulangnya kasus yang sama, Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat, Agung Laksono, mengatakan, pemerintah perlu mengambil langkah tegas sesuai perannya.

"Perlu ada tata cara baru dalam perploncoan agar tidak ada lagi kasus kekerasan penerimaan siswa baru di sekolah," katanya di Situbondo, Minggu (5/8/2012).

Pemerintah akan segera melakukan koordinasi lebih lanjut dengan seluruh instansi terkait untuk penanganan kasus kekerasan di sekolah. Jika ternyata diperlukan aturan khusus, Agung mengatakan bahwa pihaknya akan segera melakukan koordinasi dengan instansi terkait.

Menurutnya, kekerasan antarsiswa di sekolah harus segera dihentikan dan perlu dipikirkan metode baru dalam proses perkenalan siswa baru dengan lingkungan sekolah. Agung juga meminta orang tua dan guru di sekolah ikut mengawasi agar kasus kekerasan serupa tidak terjadi lagi di sekolah.

Sementara itu, kasus bullying di SMA Don Bosco yang mencuat belakangan ini telah ditangani oleh pihak kepolisian. Polisi sudah menetapkan tujuh siswa Kelas XII sebagai tersangka. Kepolisian daerah Metro Jaya juga menggelar mediasi terhadap para korban dan pelaku kekerasan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.