Kompas.com - 06/08/2012, 17:52 WIB
|
EditorCaroline Damanik

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidik (Kepala BPSDMP-PMP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Syawal Gultom mengatakan, ada 11.943 peserta Uji Kompetensi Guru (UKG) yang gagal mengikuti ujian. Alasannya, para peserta itu gagal melakukan login ke server pusat karena kode mata pelajarannya tidak sesuai.

"Bagaimana tidak gagal login? Sertifikatnya guru TK, tapi para guru itu berubah menjadi guru SMP atau lainnya," kata Syawal, Senin (6/8/2012) sore di gedung Kemdikbud, Jakarta.

Ditegaskan Syawal, data yang dimasukkan untuk menghasilkan delapan digit kode mata pelajaran UKG harus betul-betul akurat. Kode tersebut sifatnya sangat sensitif, login tak akan berhasil jika salah kode satu angka saja.

"Delapan digit kode itu sangat sensitif, salah sedikit maka akan gagal login. Semakin canggih sistem, semakin besar peluang error," tegasnya.

Sebagai informasi, sampai dengan hari kelima pelaksanaan UKG, Kemdikbud telah selesai menganalisis 289.770 guru peserta dari 369.799 guru yang telah mengikuti UKG. Secara keseluruhan total peserta UKG mencapai 1.006.211 guru. Akan tetapi jumlahnya menyusut menjadi 837.349 guru setelah dilakukan verifikasi. Sampai dengan tadi malam, nilai rata-rata UKG sementara ada di angka 43.84.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.