Kompas.com - 06/08/2012, 18:06 WIB
|
EditorCaroline Damanik

JAKARTA, KOMPAS.com - Uji Kompetensi Guru (UKG) untuk mata pelajaran Bahasa Inggris SMP ditunda sampai Oktober 2012 mendatang. Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidik (Kepala BPSDMP-PMP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Syawal Gultom, mengatakan hal itu dilakukan menyusul banyaknya laporan para guru SMP yang mendapatkan soal SMA di mata pelajaran tersebut.

"Bahasa Inggris untuk SMP ditunda sampai Oktober. Jadi guru tak perlu datang sampai jadwal barunya keluar nanti," kata Syawal, di gedung Kemdikbud, Jakarta, Senin (6/8/2012).

Syawal mengaku, belum melakukan pantauan langsung di lapangan. Namun, banyaknya laporan yang masuk dari guru Bahasa Inggris SMP membuatnya merasa perlu memberikan respon cepat. Untuk itu, pelaksanaan ujiannya akan disesuaikan dengan pelaksanaan UKG gelombang kedua yang akan mulai digelar pada 2 Oktober mendatang.

"Semua kita respon karena guru tak mungkin bohong," tambahnya.

Soal dalam UKG online memang menuai banyak kritik. Sejumlah pihak menilai kualitas soal dalam UKG bermutu rendah. Selain itu, banyak soal yang tidak tersedia pilihan jawabannya.

Dalam sebuah diskusi UKG di Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta, seorang guru Bahasa Inggris SMP Marsudirini Bekasi, Emanuel Sri Joko mengeluhkan soal ujian Bahasa Inggris yang melenceng dari subtansi dan tidak sesuai dengan jenjangnya. Joko akhirnya tetap mengikuti ujian meski dirinya mendapatkan soal Bahasa Inggris untuk SMA.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.