Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unej Kukuhkan 5.583 Mahasiswa Baru

Kompas.com - 06/08/2012, 19:23 WIB
Syamsul Hadi

Penulis

JEMBER, KOMPAS.com - Sebanyak 5. 583 mahasiswa baru dikukuhkan sebagai keluarga besar Universitas Jember yang akan disebar ke 15 program studi. Mereka diterima dari jalur ujian tulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri sebanyak 1.053 orang, sedang lewat jalur undangan sebanyak 2.798 orang.

Selain itu, tercatat sebanyak 1.676 mahasiswa baru dari jalur ujian masuk yang digelar Universitas Jember pada gelombang pertama dan kedua. Rektor Universitas Jember Moha Hasan di Kampus Universitas Jember , Tegal Boto, Senin (6/8/2012) mengatakan, masih ada 43 mahasiswa bariu yang diterima lewat alih program.

Universitas Jember juga menerima 13 mahasiswa asing yang terdiri dari tujuh orang dari  Madagaskar, lima mahasiswa dari Thailand, dan seorang mahasiswa dari Kamboja. " Semua mahasiswa asing tersebut menempuh pendidikan strata satu atau S1 yang tersebar di berbagai fakultas, antara lain Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian dan Fakultas Kedokteran Gigi," tambah Zulfikar, Pembantu Rektor I .  

Dari keseluruhan mahasiswa baru tersebut, 1055 orang penerima beasiswa Bidik Misi. Rinciannya 380 orang dari SNMPTN Jalur Undangan, 665 orang dari SNMPTN jalur ujian tulis , dan 10 orang dari jalur UM. Selain beasiswa dari pemerintah pusat, Universitas Jember mendapat amanah mendidik 43 mahasiswa beasiswa dari Pemerintah Kabupaten Banyuwangi.

Awalnya Universitas Jember hanya dapat kuota bidik misi untuk 500 mahasiswa, namun dalam perkembangan ada tambahan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sehingga menjadi 1. 055 orang.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com