Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PENDIDIKAN

Muar Akhirnya Bisa Kuliah di Unsoed

Kompas.com - 07/08/2012, 14:56 WIB
Andy Riza Hidayat

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Alumni Universitas Jenderal Soedirman Purwokerta, Jawa Tengah, tergerak menggalang bantuan untuk siswa miskin yang masuk ke kampus itu. Salah satunya bantuan untuk Muhammad Muar, siswa Pusat Kegiatan Belajar Bina Insan Mandiri Kota Depok.

Muar diterima di Fakultas Ekonomi, Jurusan Manajemen, Unsoed. Namun, Muar kesulitan menutup biaya pendaftaran di kampus itu. "Kami menggerakan teman-teman alumni. Salah satunya adalah eks Direktur Bank Mandiri yang mau membantu dia," tutur Nurfahmi Budi, alumni Unsoed Purwokerto yang bekerja di Jakarta, Selasa (7/8/2012). Adapun bentuk bantuan yang diberikan adalah beasiswa penuh selama kuliah.

Para alumni Unsoed, kata Budi, kemungkinan akan bekerjasama dalam pengembangan pendidikan di sana. Sebelumnya bantuan juga ditawarkan oleh warga Semarang, direksi Bank Niaga, dan pimpinan lembaga pendidikan tinggi.

Selain Muar, ada enam siswa PKBM Bina Insan Mandiri yang berhasil lolos seleksi perguruan tinggi negeri. Mereka adalah Alfis Syahrin (Jurusan Pendidikan Luar Biasa Universitas Negeri Jakarta / UNJ), Andika Ramadhan Febriansyah (Jurusan Sejarah UNJ), Bagus Pangke (Jurusan Pendidikan Luar Biasa UNJ), Dwi Wulansari (Jurusan Sastra Indonesia UNJ), dan Prayudo (Jurusan Pendidikan Luar Biasa UNJ).

Persoalan mereka sama, tidak mampu menutupi biaya pendaftaran kuliah. Mereka semua siswa miskin dan anak jalanan. Adapun nama sekolah PKBM Bina Insan Mandiri juga disebut sebagai Sekolah Master (masjid terminal). Sekolah ini menampung anak miskin dan terlantar yang tidak memungut biaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com