Kompas.com - 07/08/2012, 14:56 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

JAKARTA, KOMPAS.com- Alumni Universitas Jenderal Soedirman Purwokerta, Jawa Tengah, tergerak menggalang bantuan untuk siswa miskin yang masuk ke kampus itu. Salah satunya bantuan untuk Muhammad Muar, siswa Pusat Kegiatan Belajar Bina Insan Mandiri Kota Depok.

Muar diterima di Fakultas Ekonomi, Jurusan Manajemen, Unsoed. Namun, Muar kesulitan menutup biaya pendaftaran di kampus itu. "Kami menggerakan teman-teman alumni. Salah satunya adalah eks Direktur Bank Mandiri yang mau membantu dia," tutur Nurfahmi Budi, alumni Unsoed Purwokerto yang bekerja di Jakarta, Selasa (7/8/2012). Adapun bentuk bantuan yang diberikan adalah beasiswa penuh selama kuliah.

Para alumni Unsoed, kata Budi, kemungkinan akan bekerjasama dalam pengembangan pendidikan di sana. Sebelumnya bantuan juga ditawarkan oleh warga Semarang, direksi Bank Niaga, dan pimpinan lembaga pendidikan tinggi.

Selain Muar, ada enam siswa PKBM Bina Insan Mandiri yang berhasil lolos seleksi perguruan tinggi negeri. Mereka adalah Alfis Syahrin (Jurusan Pendidikan Luar Biasa Universitas Negeri Jakarta / UNJ), Andika Ramadhan Febriansyah (Jurusan Sejarah UNJ), Bagus Pangke (Jurusan Pendidikan Luar Biasa UNJ), Dwi Wulansari (Jurusan Sastra Indonesia UNJ), dan Prayudo (Jurusan Pendidikan Luar Biasa UNJ).

Persoalan mereka sama, tidak mampu menutupi biaya pendaftaran kuliah. Mereka semua siswa miskin dan anak jalanan. Adapun nama sekolah PKBM Bina Insan Mandiri juga disebut sebagai Sekolah Master (masjid terminal). Sekolah ini menampung anak miskin dan terlantar yang tidak memungut biaya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.