Kompas.com - 07/08/2012, 15:40 WIB
|
EditorCaroline Damanik

DEPOK, KOMPAS.com - Peran serta masyarakat sangat diharapkan pada proses pemilihan Rektor Universitas Indonesia (Pilrek UI) yang akan kembali digelar mulai 8 Agustus mendatang. Meski tidak memiliki hak suara untuk memilih, informasi dan masukan dari masyarakat dinilai akan mengoptimalkan proses seleksi pemimpin UI selanjutnya.

Ketua Panitia Khusus (Pansus) Pilrek UI, Endriantono Sutarto mengatakan, pihaknya memberikan ruang terbuka dan luas untuk seluruh masyarakat agar mau berpartisipasi memberikan masukan dan informasi terkait kandidat yang telah ditetapkan sebagai calon Rektor UI.

"Kita harapkan tanggapan dan masukan dari masyarakat. Mungkin ada informasi jika salah satu calon pernah tersandung masalah pidana dan lain-lain," kata Endriantono, Selasa (8/7/2012), di kampus UI, Depok.

Pansus Pilrek UI memberi waktu dari tanggal 27 Agustus-12 September 2012 untuk masyarakat memberikan penilaian dan masukannya pada masing-masing calon rektor melalui laman resmi www.pemilihanrektor.ui.ac.id.

"Kami berharap masukan dari masyarakat dapat membantu kami dalam menentukan rektor yang terbaik," lanjutnya.

Diberitakan sebelumnya, setelah ditunda selama sekitar sebulan, proses pilrek UI akhirnya dilanjutkan. Penundaan proses pilrek terjadi karena ada putusan sela dari Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN), dan kembali dilanjutkan setelah gugatan itu dicabut oleh penggugat utama.

Masa pendaftaran calon Rektor UI dimulai pada 8-31 Agustus 2012 dan dilanjutkan dengan proses verifikasi data pada 27 Agustus-7 September. Selanjutnya, pada tanggal 27 Agustus - 21 September, calon rektor diberi kesempatan untuk melakukan kampanye secara online (cyber campaign).

Senat Akademik Universitas (SAU) akan melanjutkan proses dengan melakukan seleksi, 24-27 September, untuk memilih lima calon rektor. Seleksi akhir pemilihan rektor UI pada 9 Oktober yang dilakukan oleh seluruh anggota MWA.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.