Pasta Gigi dari Cangkang Kerang

Kompas.com - 13/08/2012, 09:19 WIB
|
EditorCaroline Damanik

KOMPAS.com — Cangkang kerang menjadi pasta gigi? Itulah adanya. Melalui pengolahan sederhana dengan biaya yang sangat murah, Farah Adrienne (16) dan Amalia Nur Alifah (17), ketika duduk di bangku kelas XII SMA Negeri 3 Semarang, menciptakannya.

Pasta gigi dari cangkang kerang itu meraih medali perunggu pada ajang International Environmental Project Olympiad 2012 di Istanbul, Turki, 19-22 Mei lalu. Karya berjudul ”Clamshell as Environment Friendly Toothpaste” itu bersaing dengan 125 karya dari 55 negara.

Sebelum dikirim ke Turki, keduanya juga meraih medali perak pada ajang 4th Indonesian Science Project Olympiad 2012, 22-24 Februari lalu, di Balairung Universitas Indonesia.

Selain memanfaatkan limbah, pasta gigi dari cangkang kerang itu juga ramah lingkungan, tanpa unsur sodium lauryl sulfate (SLS) yang dipakai pada pasta gigi umumnya. Dari penelitian dan uji coba beberapa kali, mereka menemukan bahwa pasta gigi tak harus menggunakan unsur SLS.

”Umumnya yang kita pakai berbusa karena menggunakan SLS yang berfungsi sebagai detergen. Kami membuat pasta gigi ini tanpa SLS untuk mengubah kebiasaan masyarakat yang mengira busa pasta gigi bikin bersih. Padahal, belum tentu benar karena SLS mencemari lingkungan,” papar Farah dan Amalia di Semarang, Jawa Tengah, Kamis lalu.

Hasil pengujian di laboratorium, pasta gigi yang dihasilkan Farah dan Amalia mengandung kalsium sebesar 20.255 part per million, sesuai kandungan kalsium pada pasta gigi umumnya.

Keduanya juga mencoba pasta gigi dari cangkang kerang tersebut dengan uji organoleptik (uji indra) melalui teman-teman siswa dan keluarga. ”Pasta gigi buatan kami ini kami uji cobakan kepada 50 orang,” kata Farah.

Terbukti kekesatannya sampai 80 persen dan 100 persen terasa lebih bersih setelah pakai pasta gigi itu. ”Rasa segar yang dihasilkan sekitar 60 persen,” ujar Amalia yang lolos seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) di Fakultas MIPA Institut Teknologi Bandung.

Berawal dari limbah

Pembuatan pasta gigi dari limbah cangkang kerang itu berawal dari ketertarikan Farah dan Amalia terhadap limbah cangkang kerang ketika sekolah mereka menggelar kegiatan Science Camp akhir tahun 2011. Kegiatan itu bertujuan mendorong siswa peka terhadap lingkungan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X