Kompas.com - 13/08/2012, 17:14 WIB
EditorCaroline Damanik

DENPASAR, KOMPAS.com - Rektor Universitas Udayana (Unud), Made Bakta, mengakui rendahnya minat para dosen di kampusnya untuk melakukan penelitian hingga saat ini. Menurutnya, masih sekitar 20-30 persen dosen yang melakukan penelitian.

"Padahal idealnya, penelitian dilakukan di atas 50 persen dari jumlah keseluruhan dosen," ungkapnya di Denpasar, Senin (13/8/2012).

Made Bakta mengatakan, rendahnya minat terhadap penelitian ini tak lepas dari minimnya dana penelitian. Sumber dana untuk penelitian di Unud sampai saat ini, lanjutnya, berasal dari dekonsentrasi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Ditjen Dikti Kemendikbud), dana mandiri dan juga bantuan pihak ketiga.

Dana dari Ditjen Dikti yang diperoleh setiap tahun didasarkan pada hasil penelitian tahun sebelumnya. Made Bakta berharap tahun ini, jatah dana penelitian untuk kampusnya akan meningkat.

"Kami harapkan dana akan meningkat karena secara keseluruhan jumlah dosen Unud mencapai sekitar 1.600 orang," tuturnya.

Tahun ini, Unud akan menambah anggaran dana penelitian hingga Rp 2,5 miliar. Made Bakta mengatakan, pihaknya merasa sulit untuk mencari dana dari pihak ketiga karena hasil penelitian di kampus dinilai masih belum bisa dimanfaatkan secara langsung untuk industri.

Selain minimnya dana, Made Bakta mengatakan, faktor lain yang menyebabkan rendahnya minat penelitian adalah ketidakmampuan para dosen untuk memanfaatkan peluang dana penelitian yang sebenarnya berlimpah. Namun demikian, Made Bakta menegaskan bahwa Unud akan terus mendorong para akademisinya untuk menggairahkan kegiatan penelitian.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Termasuk, kami memberi intensif khusus bagi para peneliti," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.