Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harapan Mahasiswa untuk Calon Rektor Baru UI

Kompas.com - 14/08/2012, 15:36 WIB
Ali Sobri

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Rektor Universitas Indonesia (UI) Gumilar R Somantri secara resmi mengakhiri masa jabatannya pada hari ini, Selasa (14/8/2012). Selanjutnya, tampuk kepemimpinan sementara akan dijabat Pjs Djoko Santoso, yang saat ini juga menjabat Dirjen Pendidikan Tinggi Kemdikbud, sambil menunggu proses pemilihan dan terpilihnya rektor baru. Apa harapan mahasiswa kepada rektor baru nantinya?

"Rektor yang kita inginkan itu seperti sosok ayah, mau mengerti anaknya, merangkul, dan mendukung kita,"kata Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa UI Faldo Maldini, kepada Kompas.com, Selasa(14/8/2012).

Para mahasiswa lainnya juga menyampaikan harapan terkait rektor yang akan dipilih anggota Senat Akademik Universitas pada 9 Oktober 2012 mendatang. 

"Kalau saya sih menginginkan Rektor UI yang baru bisa meneruskan pembangunan, tapi keuangannya lebih transparan.Jangan sampai kesalahan yang sama terulang lagi," ujar Widya Utami, mahasiswi jurusan Sastra Inggris.

Menurutnya, rektor terdahulu sudah cukup baik dalam hal pengembangan fisik kampus. Akan tetapi, kedekatan dengan para mahasiswa belum terjalin dengan baik.

Harapan yang sama juga diungkapkan Dimasyq Ozal. Mahasiswa Fakultas Ekonomi ini berharap Rektor UI memiliki sikap yang ramah. Tdak hanya kepada mahasiswa tetapi juga dengan para dekan, dan dosen.

"Pokoknya rektor yang bisa dicintai oleh semua warga di lingkungan civitas akademika UI, Rektor yang seperti ini yang kemudian bisa membangun bersama-sama, berkarya bersama-sama, susah senang juga" katanya.

Sementara itu, di Sekretariat Pilrek UI sudah menerima pendaftaran beberapa anggota SAU yang nantinya akan menentukan calon-calon Rektor UI baru. Melalui situs web yang disediakan UI,  pendaftar dapat mengaksesnya di www.pemilihanrektor.ui.ac.id.

Bahkan melalui web tersebut, warga di dalam dan luar UI bisa ikut berkontribusi menanggapi cyber campaign / kampenye online melalui media yang tersedia.

"Biar ada keterlibatan, interaksi dan masukan juga dari masyarakat. Jadi nanti komentar-komentarnya juga akan dipertimbangka MWA," kata Intan Nuril Kaufie, panitia pendaftaran peserta Pilrek UI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com