Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemdikbud Harus Bijaksana "Bocorkan" Hasil UKG

Kompas.com - 15/08/2012, 07:49 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI) Sulistiyo mengimbau Kementerian Pandidikan dan Kebudayaan agar lebih bijaksana saat memublikasikan hasil uji kompetensi guru (UKG). Pernyataan Sulistyo ini menanggapi hasil sementara UKG yang diumumkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh, bahwa ada guru peserta yang mendapatkan nilai nol.

"Harusnya dapat lebih bijaksana memublikasikan hasilnya," kata Sulistiyo dalam diskusi bertajuk 'Bedah UKG', di Gedung PGRI, Jakarta, Selasa (14/8/2012).

Menurutnya, langkah Kemdikbud yang "membocorkan" hasil buruk peserta UKG akan memberikan citra negatif terhadap seluruh guru. Ia khawatir, masyarakat luas akan menilai semua guru memiliki kompetensi yang rendah.

"Bagaimana jika masyarakat menilai semua guru tak kompeten? Nanti guru lagi yang dirugikan," katanya.

Sebelumnya, nilai sementara UKG yang diumumkan Kemdikbud menunjukkan bahwa nilai rata-rata sementara UKG gelombang pertama hanya 4,5. Jauh dari batas minimal yang ditetapkan, yakni 7. Masih banyak guru peserta yang mendapatkan nilai di bawah standar nasional.

Rendahnya nilai guru peserta UKG bukan karena semata-mata karena kurangnya kemampuan guru mengerjakan soal ujian. Tetapi banyak faktor pemicunya. Seperti soal ujian yang berantakan karena tidak komplit menyajikannya. Banyak soal bergambar yang tidak lengkap, bahasa yang digunakan juga terlalu panjang, dan kunci jawaban yang tidak tercantum.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com