Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia Contoh Kacaunya Soal UKG

Kompas.com - 16/08/2012, 11:57 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama penyelenggaraannya di gelombang pertama, Uji Kompetensi Guru (UKG) banyak menuai kritik pedas. Tak cuma pelaksanaannya yang kacau karena persoalan teknis dan buruknya data peserta, soal yang disajikan dalam UKG juga dinilai tak kalah buruknya karena ditemui kerap melenceng dari subtansi uji kompetensi.

Sekretaris Jenderal Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI), Retno Listiyarti, pun berani mengatakan bahwa soal yang disajikan dalam UKG adalah contoh soal "malpraktik".

"Soal ditulis tidak sesuai EYD dan membingungkan. Apa iya mengukur kompetensi guru dengan soal seperti itu?" kata Retno kepada Kompas.com, Rabu (15/8/2012) malam, di Jakarta.

Umumnya, kekacauan pada soal-soal UKG meliputi soal yang dinilai tak berkualitas, tak munculnya soal di layar komputer padahal peserta telah berhasil mendaftar dan terkoneksi, serta soal yang muncul tidak sesuai dengan bidang studi peserta yang login. Selain itu, kekacauan lainnya adalah munculnya pilihan jawaban tanpa soal atau soal tanpa pilihan jawaban, soal dan pertanyaan yang tidak dilengkapi teks yang merujuk soal, serta soal yang tidak dilengkapi dengan gambar, grafik dan tabel.

Berikut ini contoh kacaunya soal UKG. Soal-soal ini diperoleh Kompas.com dari guru-guru peserta UKG di wilayah DKI Jakarta melalui FSGI.

Sosiologi (SMA)
Perkelahian pelajar terus meningkat. Pelajar bersikap seperti preman. Konflik semacam ini harus diselesaikan dengan cara...
a. Konsiliasi
b. Mediasi
c. Arbitrasi
d. Komunikasi

"Soal ini menurut para guru tidak jelas arahnya atau terlalu umum karena belum selesai (belum mengarah pada jawaban yang diinginkan penulis soal). Pilihan jawaban pun terlalu terbatas," ujar Retno.

Matematika (Guru Kelas SD)
Lingkaran dengan jari-jari 7 cm berada dalam bangun persegi panjang rusuk 14 m dan 20 cm. Luas persegi panjang di luar lingkaran adalah ... cm2
a. 124
b. 123
c. 125
d. 126

"Mana ada persegi panjang ada rusuknya? Walaupun kalau dihitung tetap ada jawabannya," ujar Retno.

Bahasa Indonesia (SMP)

Budi, Reni , dan Bambang bermaksud rumah pak Ramli, gurunya ..... sepakat berangkat minggu pagi pukul 07.00 agar bisa bertemu dengan pak Ramli. Namun sayang, begitu sampai dirumah pak Ramli, keadaan sepi .... pergi pagi sekali. Begitu tutur tetangga. Sebelum rumah pak Ramli ..... mengatakan bahwa pak ramli berpesan kalau ada tamu harap menunggu karena hanya pergi sebentar.
Kata ganti yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah...
A.kami ; dia ;beliau ; biliau
B.kami : beliau ; beliau ; dia
C.mereka ; beliau ; dia ; beliau
D.mereka ; dia ; belau ; saya

Sebagai catatan, soal-soal tersebut ditulis berdasarkan naskah soal aslinya. Kesalahan huruf dan tanda baca merupakan kesalahan yang berasal dari soal UKG tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com