Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Calon Guru Baru Bakal Diasramakan

Kompas.com - 16/08/2012, 15:27 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah akan menerapkan seleksi khusus yang ketat dalam rekrutmen guru baru di masa depan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan, para calon guru binaan berbagai Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan (LPTK) akan diseleksi dengan baik, termasuk menempatkan guru-guru yang memenuhi syarat di asrama.

"Guru-guru yang baru ini akan kita seleksi khusus, kita asramakan untuk mengasah kompetensi pribadi dan kompetensi sosialnya," kata Nuh kepada Kompas.com, Kamis (16/8/2012), di gedung Kemdikbud, Jakarta.

Selain itu, dia menambahkan, para calon guru tersebut juga akan diberikan keahlian agar mampu memiliki keterampilan mengajar yang beragam. Nantinya, para guru tak hanya bisa mengajar satu mata pelajaran.

"Kita latih supaya dapat mengampu mata pelajaran ganda. Misalnya guru Matematika, dia bisa juga mengajar mata pelajaran Fisika. Itu untuk efisiensi optimasi yang luar biasa tanpa harus memengaruhi rencana kita menambah beasiswa untuk guru," tambahnya.

Saat ini, pemerintah mencatat, ada sekitar 2,9 juta guru dengan kompetensi yang masih di bawah rata-rata nasional. Penyebabnya yang paling mencolok adalah keterbatasan anggaran untuk menjangkau guru, khususnya para guru di daerah terpencil. Untuk meningkatkan mutu guru, hingga saat ini, pemerintah telah melaksanakan uji kompetensi awal (UKA) sebelum akhirnya memperoleh sertifikat, dan juga menggelar uji kompetensi guru (UKG).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com