Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PTS Jadi PTN, Jabar Siapkan Rp 25 M untuk Lahan

Kompas.com - 20/08/2012, 09:56 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi Jawa Barat menganggarkan Rp 25 miliar dalam rangka pengalihan status empat perguruan tinggi swasta (PTS) menjadi perguruan tinggi negeri (PTN). Dana itu hanya untuk digunakan dalam pembebasan lahan.

Jumlah anggaran itu ditetapkan pada Rapat Paripurna DPRD Jabar tentang Persetujuan DPRD terhadap Rancangan Keputusan DPRD hal Raperda tentang Perubahan Status APBD 2012. Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan berharap, target pengalihan status dua PTS terlebih dahulu menjadi PTN pada tahun ini bisa segera tercapai.

"Ya mudah-mudahan bisa tercapai, yang jelas dana tersebut baru untuk pembebasan lahannya saja," katanya seusai menghadiri rapat paripurna tersebut, Kamis (16/8/2012).

Heryawan mengatakan bahwa Pemprov akan memprioritaskan dua PTS dulu untuk menjadi PTN, yaitu Politeknik Sukabumi dan Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika). Sementara itu, Universitas Siliwangi (Unsil) di Tasikmalaya dan Universitas Swadaya Gunung Jati (Unsilagati) di Cirebon segera menyusul.

"Artinya, mana saja yang terlebih dahulu bisa menyelesaikan urusan lahan karena kan masalahnya pembebasan lahan. Dulu kan kita targetkan Unsil dan Unsilagati supaya lahannya terselesaikan 30 hektar, tetapi tidak selesai juga," tegasnya.

Kemendikbud, lanjutnya, sebenarnya sudah menyetujui lima PTS untuk dialihstatuskan menjadi PTN di Provinsi Jabar yang terdiri dari tiga politeknik dan dua universitas.

"Tetapi, kan persoalannya tinggal pada pembebasan lahan. Kalau masalah ini sudah selesai, maka tinggal persoalan teknis saja. Makanya, mana saja dari lima tersebut yang bisa menyelesaikan 30 hektar untuk pembebasan lahannya, maka dialah yang akan mendapat penegerian pertama kali," tandasnya kemudian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com