Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Program S-2 Bahasa Inggris Segera Dibuka di Biak

Kompas.com - 22/08/2012, 11:17 WIB

BIAK, KOMPAS.com - Pengelola program pascasarjana Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura kelas Kabupaten Biak Numfor, Papua, akan segera membuka pendidikan magister atau S-2 Bahasa Inggris untuk menjawab kebutuhan guru di kawasan Teluk Cenderawasih. Pembukaan pendaftaran menunggu persetujuan dari pihak rektorat di Jayapura.

"Untuk pengelola Uncen kelas Biak sampai sekarang telah siap menerima pendaftaran, ya kapan waktunya kami masih menunggu persetujuan rektorat Universitas Cenderawasih Jayapura," ujarnya di Biak, Rabu (22/8/2012).

Pengelola pendidikan doktoral Uncen kelas Biak, Leonard Makuker mengakui, program itu mendesak untuk direalisasikan tahun ini untuk memenuhi permintaan guru di wilayah Kabupaten Biak Numfor dan Supiori. Dia mengakui pendidikan magister Bahasa Inggeris akan banjir peminat karena pendidikan pascasarjana tersebut dibutuhkan kalangan guru setempat.

Selain itu, dibukanya program pendidikan doktoral dan magister Antropologi dan Sosiologi kelas Biak-Supiori telah menjadi kebijakan khusus kampus dalam rangka peningkatan mutu sumber daya manusia aparatur di daerah tersebut. Pasalnya, menurut Leo, pendidikan tinggi dibutuhkan untuk memembentuk sosok aparatur yang berkualitas dalam meningkatkan aspek pelayanan pemerintah, pembangunan dan kemasyarakatan.

Menurut data, peserta program magister untuk jurusan Antropologi dan Sosiologi mencapai 80 orang, sementara program doktoral mencapai 40 mahasiswa dari kalangan pegawai negeri sipil (PNS).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com