Kompas.com - 22/08/2012, 11:17 WIB
EditorCaroline Damanik

BIAK, KOMPAS.com - Pengelola program pascasarjana Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura kelas Kabupaten Biak Numfor, Papua, akan segera membuka pendidikan magister atau S-2 Bahasa Inggris untuk menjawab kebutuhan guru di kawasan Teluk Cenderawasih. Pembukaan pendaftaran menunggu persetujuan dari pihak rektorat di Jayapura.

"Untuk pengelola Uncen kelas Biak sampai sekarang telah siap menerima pendaftaran, ya kapan waktunya kami masih menunggu persetujuan rektorat Universitas Cenderawasih Jayapura," ujarnya di Biak, Rabu (22/8/2012).

Pengelola pendidikan doktoral Uncen kelas Biak, Leonard Makuker mengakui, program itu mendesak untuk direalisasikan tahun ini untuk memenuhi permintaan guru di wilayah Kabupaten Biak Numfor dan Supiori. Dia mengakui pendidikan magister Bahasa Inggeris akan banjir peminat karena pendidikan pascasarjana tersebut dibutuhkan kalangan guru setempat.

Selain itu, dibukanya program pendidikan doktoral dan magister Antropologi dan Sosiologi kelas Biak-Supiori telah menjadi kebijakan khusus kampus dalam rangka peningkatan mutu sumber daya manusia aparatur di daerah tersebut. Pasalnya, menurut Leo, pendidikan tinggi dibutuhkan untuk memembentuk sosok aparatur yang berkualitas dalam meningkatkan aspek pelayanan pemerintah, pembangunan dan kemasyarakatan.

Menurut data, peserta program magister untuk jurusan Antropologi dan Sosiologi mencapai 80 orang, sementara program doktoral mencapai 40 mahasiswa dari kalangan pegawai negeri sipil (PNS).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.