Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berantas Buta Huruf, Indonesia Raih Penghargaan UNESCO

Kompas.com - 23/08/2012, 12:56 WIB
Ali Sobri

Penulis

PARIS, KOMPAS.com — Program literasi atau pemberantasan buta huruf di Indonesia meraih penghargaan dari Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO) untuk tahun 2012 karena sukses melawan buta huruf. Penghargaan akan diserahkan pada upacara yang akan digelar di markas UNESCO, 6 September mendatang, dalam rangkaian perayaan Hari Aksara Internasional yang jatuh pada tanggal 8 September.

Pengumuman pemenang disampaikan oleh Direktur Jenderal UNESCO, Irina Bokova, dan ditayangkan di laman resmi badan PBB ini, Kamis (23/8/2012). Selain penghargaan berupa medali dan sertifikat, penyelenggara pengembangan pendidikan masyarakat di Indonesia berhak memperoleh hadiah sebesar 20.000 dollar Amerika Serikat.

Dalam rilisnya, UNESCO menyampaikan, Indonesia menerima satu dari dua penghargaan bergengsi UNESCO King Sejong Literacy Prizes atas program bertajuk "Peningkatan Kualitas Pendidikan Literasi Melalui Literasi Kewirausahaan, Budaya Membaca, dan Pelatihan Para Pendidik".

Program ini melibatkan tiga juta orang, sejumlah daerah yang mengedepankan pemberantasan buta huruf pada wanita dengan mengombinasikan keahlian dasar, dan pelatihan literasi mendasar.

Selain Indonesia, Rwanda juga meraih penghargaan UNESCO King Sejong Literacy Prize melalui program bertajuk "Program Literasi Orang Dewasa Nasional" yang digerakkan oleh Gereja Pantekosta di negara tersebut. Program ini terpilih karena memfokuskan penerapannya kepada perempuan dan remaja putus sekolah serta telah menjangkau lebih dari 100.000 orang yang tersebar di 3.500 pusat literasi. Negara juga menjamin hak setiap orang untuk melek huruf dan pendidikan dasar, termasuk di dalamnya pemahaman tentang HAM, rekonsiliasi, dan perdamaian.

Sementara itu, Bhutan dengan program berjudul "Program Pendidikan Informal dan Berkelanjutan" dianugerahi penghargaan UNESCO Confucius Prizes for Literacy dan Kolombia meraih penghargaan yang sama dengan program bertajuk "Program Sistem Interaktif (Transformemos Educando)".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com