Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pandeglang Pun Kekurangan 3.847 Guru SD

Kompas.com - 23/08/2012, 16:34 WIB

PANDEGLANG, KOMPAS.com Meski hanya berjarak sekitar 100 km dari ibu kota Jakarta, Kabupaten Pandeglang pun masih kekurangan guru sekolah dasar (SD). Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, Abdul Azis, menjelaskan bahwa daerahnya masih kekurangan sekitar 3.847 guru SD.

"Hasil inventarisasi yang kita lakukan, diketahui masih terjadi kekurangan guru SD sebanyak 3.847 orang," katanya ketika dikonfirmasi di Pandeglang, Rabu (23/8/2012).

Menurutnya, kekurangan pengajar pada tingkat SD terjadi di semua kecamatan di kabupaten tersebut. Oleh karena itu, Abdul mengharapkan penambahan guru melalui pengangkatan calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Ada sekitar 880 SD yang tersebar di 35 kecamatan yang ada di Kabupaten Pandeglang. Abdul mengatakan, jika tidak dilakukan penambahan, maka jumlah guru akan makin berkurang. Pasalnya, dalam periode 2011-2014, sebanyak 750 guru SD akan memasuki masa pensiun.

Ucup Sutisna, Kepala Unit Pelayanan Teknis Dinas Pendidikan Kecamatan Patia, membenarkan adanya kekurangan guru SD di daerahnya.

"Kami masih kekurangan guru SD. Di Kecamatan Patia hanya ada 140 pengajar, termasuk kepala sekolah," katanya.

Saat ini, lanjut Ucup, masih ada SD di kecamatan itu yang hanya memiliki dua guru. Akibatnya, kepala sekolah pun masih harus mengajar.

Ucup berharap, penambahan guru SD segera dilakukan agar proses belajar-mengajar bisa berjalan lebih optimal dan peningkatan kualitas pendidikan di daerahnya bisa tercapai.

"Kami masih kekurangan 87 guru SD, untuk ditempatkan di sekolah yang ada di pelosok, dan ke depan mudah-mudahan bisa dipenuhi," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com