Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PENDIDIKAN

Akademi Komunitas Percontohan Didirikan

Kompas.com - 24/08/2012, 19:29 WIB
Ester Lince Napitupulu

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Amanat Undang-unndang Pendidikan Tinggi yang mengamanatkan penguatan pendidikan vokasi disambut pemerintah dengan merealisasikan akademi komunitas di sejumlah daerah di Indonesia. Akademi komunitas diharapkan ada di tiap kota/kabupaten secara bertahap dengan membuka program diploma satu dan dua.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohaam Nuh di Jakarta, Jumat (24/8/2012), mengatakan pemerintah segera mendirikan akademi komunitas percontohan bulan depan. Sejumlah kota dan kabupaten menjadi prioritas pendirian akademi komunitas, terutama di kantong-kantong tenaga kerja Indonesia (TKI).

"Insya Allah pada 9 September dimulai tiang pancang di Pacitan," kata Nuh.

Pendirian akademi komunitas, lanjut Nuh, juga diprioritaskan di daerah yang memiliki sumber daya alam melimpah, tetapi belum dikelola dengan baik. Dana yang dianggarkan untuk akademi percontohan di Pacitan sebesar Rp 50 miliar.

Akademi komunitas di Pacitan berstatus negeri, pendidikan vokasi setingkat diploma satu dan/atau diploma dua ini membuka empat program studi yaitu otomotif, agro, teknologi informasi, dan perhotelan.

Akademi komunitas percontohan juga akan dibangun di Kota Palembang dengan menelan anggaran sebanyak Rp 40 miliar. Daerah lain yang akan dibangun AK yaitu di Temanggung, Aceh Barat, Sumenep, Blitar, Lampung Tengah, Situbondo, Rejang Lebong, Sumbawa, Sidoarjo, Nganjuk, Bojonegoro, Kolaka, Tanah Datar, Kota Mataram, Kota Prabumulih dan Tuban.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com