Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalteng Biayai Pendidikan Guru 48 Pelajar Berprestasi

Kompas.com - 27/08/2012, 13:15 WIB
Dwi Bayu Radius

Penulis

PALANGKARAYA, KOMPAS.com - Sebanyak 48 putra-putri Kalimantan Tengah akan mengikuti pendidikan guru di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Surya Institute Jakarta. Pendidikan jenjang S1 untuk para pelajar berprestasi dari 10 kabupaten di Kalteng itu, berlangsung selama lima tahun.

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng, Daya Bhakti, di Palangkaraya, Senin (27/8/2012), menjelaskan, biaya pendidikan dan hidup mereka ditanggung Pemprov Kalteng, sebesar Rp 58 juta per orang per tahun.

Setelah menempuh pendidikan, mereka akan kembali ke kabupaten masing-masing untuk membangun daerahnya.

Mereka adalah para pelajar yang terpilih dari sekolah menengah atas, madrasah aliyah, dan sekolah menengah kejuruan. Seleksi dilakukan Surya Institute.

"Mereka punya standar akademis rata-rata dengan nilai tujuh, bebas narkoba, sehat jasmani-rohani, dan berkelakuan baik," papar Daya.

Para peserta pendidikan juga membuat surat pernyataan sanggup mengikuti pendidikan di Surya Institute hingga selesai. Mereka akan dididik menjadi guru fisika, matematika, dan informatika.

Selasa besok , mereka akan berangkat ke Jakarta dan tinggal di asrama. Selanjutnya, mereka dijadwalkan melakukan aktivitasnya pada tahun akademik 2012-2017. Persiapan angkatan pertama itu sudah dilakukan sejak satu tahun lalu.   

"Mereka mendapatkan beasiswa program Bantuan Mahasiswa. Supaya cepat selesai, lebih baik jika libur kuliah mereka tidak pulang tapi mengambil semester pendek," tutur Daya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com