Kompas.com - 28/08/2012, 17:37 WIB
Penulis Ali Sobri
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Guru Besar Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan (FMIPA) Universitas Indonesia Prof Dr. Soekarja Somadikara menerima penghargaan Sarwono Prawirohardjo XI. Penghargaan ini merupakan rangkaian kegiatan rutin Hari Ulang Tahun (HUT) ke-45 Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di Jakarta, Selasa (28/8/2012).

Soekarja Somadikara adalah seorang akademisi dan sekaligus ilmuwan dengan keahlian di bidang Ornitologi atau Taksonomi Burung. Kepakaran, karya-karya dan kepeloporannya dalam bidang tersebut telah diakui oleh dunia, sehingga penganugerahan tersebut menetapkan mantan Kepala Museum Zoologicum Bogoriense Lembaga Biologi Nasional di Bogor tersebut sebagai peraih Sarwono Award 2012.

Pada kesempatan penyerahan penghargaan, Prof Dr. Soekarja Somadikara menyampaikan orasi ilmiahnya yang berjudul "Pendidikan dan Perkembangan Ilmu di Indonesia".

Ia menyampaikan bahwa kekayaan burung Indonesia telah sampai pada ranah internasional sejak dulu kala. Namun, Soekarja mempersoalkan tentang hak kekayaan alam tersebut yang sempat diakui dan diganti namanya oleh beberapa negara.

"Tetapi dengan ilmu pengetahuan dan penelitian, jenis-jenis burung di Indonesia berhasil dilacak sehingga mengungkap kebohongan beberapa negara yang mengakuinya," ujar Soekarja.

"Koleksi itu berharga karena banyak menyimpan sumber informasi untuk keperluan penelitian berbagai ilmu," katanya.

Dalam penjelasan ilmiah tentang keburungan, Soekarja juga mencatat bahwa bidang keilmuan ini dapat dimanfaatkan dalam bidang ilmu taksonomi, biogeografi, perkembangbiakan, penyebaran penyakit, genetika, konservasi, perubahan habitat, iklim sampai ke penelitian filogenetik dengan analisis DNA yang diharapkan mampu meningkatkan kekayaan ilmu pengetahuan di Indonesia.

Penghargaan LIPI tersebut akan terus diberikan setiap tahunnya bagi para ilmuwan Indonesia sebagai bentuk perhatian terhadap prestasi ilmiah serta dedikasi yang dicapai oleh mereka, baik dalam kancah nasional mau pun internasional.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.