Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mentan Harap Lulusan IPB Berkarya di Bidangnya

Kompas.com - 29/08/2012, 10:57 WIB

BOGOR, KOMPAS.com - Di depan mahasiswa baru Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor (IPB), Menteri Pertanian, Suswono, melontarkan harapannya agar para mahasiswa tersebut menjadi ahli yang mampu mengembangkan pertanian dan peternakan di Indonesia. Berkarya di bidangnya, lanjut Suswono, merupakan cara untuk bersyukur setelah berhasil memperoleh kesempatan berkuliah di kampus pertanian terbesar di Indonesia.

"Siapkan diri kalian untuk bekarya yang menghasilkan inovasi dalam mengembangkan pertanian dan peternakan Indonesia," kata Menteri saat menjadi motivator dalam kegiatan Masa pengenalan fakultas (MPF) di Unit Pendidikan Penelitian Peternakan Jonggol (UP3J) IPB di Jonggol, Kabupaten Bogor, Selasa (28/8/2012).

"Saat masuk IPB, kita harus memiliki pertanyaan akan menjadi apa kita nanti dan berusahalah untuk mewujudkan pertanyaan kita tadi," lanjutnya kemudian.

Suswono mengatakan, para mahasiswa perlu menyusun rencana untuk mewujudkan keinginannya. Tanpa perencanaan, ungkapnya, merupakan awal dari kegagalan. Dia menuturkan bahwa sebagai alumnus IPB, memang dia tak pernah bermimpi menjadi menteri. Namun, dia terus mengikuti alur yang mengarahkan dirinya dalam bidang pertanian hingga kemudian menjadi menteri.

Dia pun berharap salah seorang mahasiswa Fakultas Peternakan IPB bisa pula mengisi posisi menteri pertanian sehingga dapat menyelesaikan persoalan peternakan yang sedang dihadapi Indonesia. Menurut Suswono, hingga kini Indonesia masih mengimpor satu juta ekor sapi dan 70 persen susu karena produksi dalam negeri yang tidak mencukupi.

Namun demikian, lanjutnya, penanganan persoalan peternakan masih lebih mudah daripada pengembangan pertanian.

"Banyak peluang usaha yang bisa dikembangkan dalam sektor peternakan ini. Saya harap alumni IPB dapat menciptakan peluang usaha yang mempu membuka lapangan kerja," tandasnya.

Suswono hadir sebagai motivator dalam kegiatan pengenalan mahasiswa, didampingi Rektor IPB Herry Suhardiyanto, dan Dekan Fakultas Peternakan, Luky Abdullah. Acara ini diikuti oleh 176 mahasiswa baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com