Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pegawai BPK Belajar Akuntansi Sektor Publik di Undip

Kompas.com - 30/08/2012, 21:33 WIB
Sonya Helen Sinombor

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Mulai tahun ajaran 2012/2013 Badan Pemeriksa Keuangan mengirim sejumlah pegawainya khususnya para pemeriksa keuangan untuk menempuh pendidikan Strata 1 (S1) di Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang, Jawa Tengah. Untuk tahun ini, diawali dengan pengiriman 37 pegawai BPK ke Undip yang khusus mendalami Akuntansi Sektor Publik

Pendidikan lanjut tersebut akan dilalui para pegawai BPK yang selama ini tingkat pendidikannya masih Diploma III. Mereka akan belajar selama dua tahun, setelah itu mereka akan kembali bekerja di BPK.

"Saya katakan barangkali hampir sebagian besar institusi enggak mau investasi sumber daya manusia, apalagi S1. Disamping lama perlu biaya, hasilnya tidak kelihatan. Beda dengan bangun jalan kelihatan," ujar Sekretaris Jenderal BPK Hendar Ristriawan saat penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerjasama tentang penyelenggaran pendidikan antara BPK dan Fakultas Ekonomi Undip Semarang, Kamis (30/8/2012).

Menurut Hendar, peningkatan kompetensi SDM di lingkungan BPK sangat penting, mengingat para pemeriksa keuangan berhadapan dengan kondisi keuangan yang terus mengalami perubahan baik dari segi jumlah maupun teknologi pengelolaan keuangan yang makin kompleks. Oleh karena itu, peningkatan SDM di kalangan pemeriksa BPK merupakan hal yang tidak bisa ditawar.

Tidak hanya di tingkat pusat, peningkatan SDM para pemeriksa keuangan negara di tingkat daerah juga mendapat perhatian. Selain meningkatkan pendidikan, BPK juga menggelar berbagai pelatihan singkat bagi para pemeriksa sehingga bisa meningkatkan kompetensinya.

Hendar menyoroti beberapa jabatan di lembaga yang terkait dengan keuangan dipimpin oleh orang yang tidak memahami keuangan. "Bagaimana mungkin kepala biro keuangan di daerah lulusan sarjana pendidikan, bagaimana bisa mengelola keuangan," ujarnya.

Rektor Undip Semarang, Prof Sudharto P Hadi yang hadir pada acara tersebut menyambut baik kerjasama tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com