Kompas.com - 31/08/2012, 15:51 WIB
|
EditorCaroline Damanik

JAKARTA, KOMPAS.com - Perguruan tinggi swasta (PTS) terus mengungkapkan keluhannya. Pemerintah didesak tak hanya memerhatikan perguruan tinggi negeri (PTN). PTS meminta agar aturan dan bantuannya juga menyasar kampus swasta.

Rektor Universitas Dr Moestopo (Beragama), Sunarto mengatakan, perlakuan pemerintah pada pendidikan tinggi masih diskriminatif karena pemerintah lebih banyak mengatur dan membantu PTN. Sementara itu, PTS diperhatikan seadanya. Tetap dituntut maju tanpa bantuan yang memadai.

"Dalam Undang-Undang Pendidikan Tinggi (UU Dikti) yang diatur negeri, yang dibantu juga negeri. Itu diskriminasi," kata Sunarto kepada Kompas.com, Kamis (30/8/2012), di kampus Moestopo, Jakarta.

Di luar itu, lanjutnya, terbentuk juga pendidikan tinggi yang mengarah pada komersialisasi. Padahal sejatinya, pendidikan tak bisa dikomersialisasikan, dan pembangunannya juga harus seimbang.

"Kesannya seperti itu, komersil dan tak seimbang. Harusnya dibantu meningkatkan sumber daya dan penelitiannya supaya PTS bisa ikut bangkit," ucapnya.

Terakhir, Sunarto mengungkapkan kekhawatirannya pada keberadaan perguruan tinggi asing. Bila pemerintah tak bijak mengelola, menurutnya hal itu bisa mengancam keberadaan perguruan tinggi nasional.

"Perguruan tinggi asing harus diatur jangan terlalu bebas. Perketat semuanya dengan melibatkan PTS saat merumuskan aturannya," tandasnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.