Kompas.com - 03/09/2012, 06:25 WIB
EditorBenny N Joewono

DENPASAR, KOMPAS.com - Sebanyak 264 siswa berkebutuhan khusus untuk jenjang pendidikan dasar dari 33 provinsi di Indonesia mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) di Denpasar, Bali.

Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pendidikan Prof Dr Musliar Kasim membuka OSN yang dirangkaikan dengan penyerahan Anugerah Pendidikan Inklusif 2012, di Denpasar, Minggu malam.

"Melalui olimpiade ini, kami harapkan dapat menonjolkan sisi-sisi lain kemampuan anak berkebutuhan khusus," kata Musliar Kasim, Minggu (2/9/2012).

Sementara itu Direktur Pembinaan Pendidikan Khusus Layanan Khusus (PPK-LK) Pendidikan Dasar Kemendikbud Dr Mudjito mengatakan OSN ini sebagai motivasi anak berkebutuhan khusus (ABK) agar selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual.

"Tentunya itu semua berdasarkan norma-norma yang sehat sehingga dapat memacu kemampuan berpikir nalar," ucapnya.

Kategori siswa yang mengikuti OSN pada jenjang pendidikan dasar ini adalah Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) atau SD inklusif dan SMPLB atau SMP inklusif bidang MIPA, teknologi informasi dan kewirausahaan.

OSN, kata dia, diharapkan dapat menjaring peserta didik berkebutuhan khusus yang berprestasi di bidang MIPA, teknologi informasi dan kewirausahaan untuk diberikan kesempatan mengembangkan potensi, minat dan bakat yang dimiliki secara lebih luas.

"Pada dasarnya siswa berkebutuhan khusus pada tiga jenis ketunaan, yakni tunanetra/low vision, tunadaksa, dan tunarungu tidak masalah dengan kecerdasan. IQ mereka begitu juga penyandang autis dapat diasah melalui pembinaan dan pendidikan yang komprehensif dan diberikan kesempatan mengikuti sejumlah even seperti ini," ucapnya.

OSN berlangsung, 2-5 September 2012 di Denpasar, Bali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.