Kompas.com - 03/09/2012, 10:39 WIB
|
EditorCaroline Damanik

JAKARTA, KOMPAS.com — Kompetisi Olimpiade Sains Nasional XI resmi dibuka, Senin (3/9/2012). Acara pembukaan yang dipusatkan di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah dipimpin langsung Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh.

Dalam pidatonya, Nuh menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua peserta yang akan mewakili sekolah di wilayahnya masing-masing. Ia mengatakan, OSN merupakan kesempatan bagi para siswa untuk unjuk gigi menjadi yang terbaik di bidangnya.

"Mereka (para peserta) adalah orang terbaik yang lolos seleksi. Tak perlu ada rasa minder dan khawatir karena semuanya masuk di dalam kelas orang-orang terbaik," ungkapnya.

OSN XI diselenggarakan pada 2-7 September dan dipusatkan di Padepokan Pencak Silat TMII. Untuk lomba jenjang SD dan para guru, kegiatan akan dilaksanakan di Jakarta pada 2-8 September. Untuk jenjang SMA/SMK kegiatan dilaksanakan pada 2-7 September di Jakarta dan Yogyakarta.

Sementara itu, untuk pendidikan khusus dan layanan khusus (PK-LK), lomba akan digelar di Bali. Lomba untuk jenjang SMP telah selesai digelar pada 28 Juni-4 Juli lalu di Pontianak, Kalimantan Barat. OSN SMP sengaja digelar lebih awal karena menyesuaikan dengan jadwal persiapan keikutsertaan dalam Olimpiade Sains Internasional pada Oktober mendatang.

Tahun ini, OSN diikuti sekitar 3.000 peserta dari seluruh Indonesia di jenjang SD, SMP, SMA, SMK, PKLK (pendidikan dasar dan menengah), serta para guru. Bidang yang dilombakan juga sangat bervariasi, yakni mata pelajaran Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Astronomi, Ilmu Kebumian, Komputer (IT), IPS Terpadu, Ekonomi, dan Manajemen.

Khusus untuk jenjang SMK, diselenggarakan Lomba Debat Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Jerman, Bahasa Jepang, dan Bahasa Mandarin yang akan diikuiti sekitar 165 kontestan siswa SMK terbaik dari seluruh Indonesia. Sementara itu, sekitar 264 siswa berkebutuhan khusus untuk jenjang pendidikan dasar dari 33 provinsi di Indonesia juga mengikuti OSN XI yang digelar di Sanur, Bali, 2-5 September 2012.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.