Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buka OSN XI, Mendikbud Ingatkan Jangan Minder

Kompas.com - 03/09/2012, 10:39 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kompetisi Olimpiade Sains Nasional XI resmi dibuka, Senin (3/9/2012). Acara pembukaan yang dipusatkan di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah dipimpin langsung Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh.

Dalam pidatonya, Nuh menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua peserta yang akan mewakili sekolah di wilayahnya masing-masing. Ia mengatakan, OSN merupakan kesempatan bagi para siswa untuk unjuk gigi menjadi yang terbaik di bidangnya.

"Mereka (para peserta) adalah orang terbaik yang lolos seleksi. Tak perlu ada rasa minder dan khawatir karena semuanya masuk di dalam kelas orang-orang terbaik," ungkapnya.

OSN XI diselenggarakan pada 2-7 September dan dipusatkan di Padepokan Pencak Silat TMII. Untuk lomba jenjang SD dan para guru, kegiatan akan dilaksanakan di Jakarta pada 2-8 September. Untuk jenjang SMA/SMK kegiatan dilaksanakan pada 2-7 September di Jakarta dan Yogyakarta.

Sementara itu, untuk pendidikan khusus dan layanan khusus (PK-LK), lomba akan digelar di Bali. Lomba untuk jenjang SMP telah selesai digelar pada 28 Juni-4 Juli lalu di Pontianak, Kalimantan Barat. OSN SMP sengaja digelar lebih awal karena menyesuaikan dengan jadwal persiapan keikutsertaan dalam Olimpiade Sains Internasional pada Oktober mendatang.

Tahun ini, OSN diikuti sekitar 3.000 peserta dari seluruh Indonesia di jenjang SD, SMP, SMA, SMK, PKLK (pendidikan dasar dan menengah), serta para guru. Bidang yang dilombakan juga sangat bervariasi, yakni mata pelajaran Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Astronomi, Ilmu Kebumian, Komputer (IT), IPS Terpadu, Ekonomi, dan Manajemen.

Khusus untuk jenjang SMK, diselenggarakan Lomba Debat Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Jerman, Bahasa Jepang, dan Bahasa Mandarin yang akan diikuiti sekitar 165 kontestan siswa SMK terbaik dari seluruh Indonesia. Sementara itu, sekitar 264 siswa berkebutuhan khusus untuk jenjang pendidikan dasar dari 33 provinsi di Indonesia juga mengikuti OSN XI yang digelar di Sanur, Bali, 2-5 September 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com