Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masuk Gratis, Uang Semester di Unpas Rp 500 Ribu

Kompas.com - 04/09/2012, 12:17 WIB
Kontributor Halmahera, Anton Abdul Karim

Penulis

MOROTAI, KOMPAS.com - Yayasan Perguruan Morotai alias Yayasan Pasifik memutuskan penetapan uang semester bagi mahasiswa Universitas Pasifik (Unpas) Morotai tidak lebih dari Rp 500 ribu per semester. Kebijakan ini untuk mendukung salah satu misi Pemkab Pulau Morotai, yakni satu rumah satu sarjana.

Wakil Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa baru Unpas Morotai, Ramli Yaman Taba mengungkapkan pihak yayasan sudah memtuskan biaya kuliah bagi mahasiswa Unpas. "Semua fakultas, karena ini arahan Bupati Pulau Morotai untuk meringankan beban bagi orang tua untuk menyekolahkan anaknya. Jadi ini merupakan uang semester paling murah se Indonesia," ungkap Yaman, Selasa (4/8/2012).

Selain uang semester yang murah, biaya masuk perguruan tinggi juga digratiskan. Bagi calon mahasiswa yang mendaftarkan diri, tak dipungut biaya sedikitpun. Selain itu, uang semesternya pun tidak ditetapkan tenggat pembayarannya, sepanjang dibayar sebelum satu semester berjalan.

Yaman menambahkan, program masuk perguruan tinggi gratis dan biaya semester murah ini untuk menggenjot minat para orang tua untuk dapat menyekolahkan anaknya. "Ini untuk mendukung program bupati satu rumah satu sarjana itu. Program bupati ini juga untuk meningkatkan SDM di Morotai dan Maluku Utara pada umumnya," jelas Yaman lagi.

Alhasil, dari ribuan calon mahasiswa yang mendaftar di Unpas ternyata bukan hanya dari Morotai saja. Banyak mahasiswa dari kabupaten/kota lain yang juga mendaftar di Unpas. "Bahkan ada (mahasiswa) dari Sulawesi Utara (Manado) yang mendaftar," kata Yaman. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com