Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Melawat ke Mongolia dan Rusia

Kompas.com - 05/09/2012, 04:29 WIB

Jakarta, Kompas - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, didampingi Ny Ani Yudhoyono, Rabu (5/9) hingga Minggu (9/9), melawat ke Mongolia dan Rusia. Di Mongolia, Presiden akan bertemu Presiden Mongolia Tsakhia Elbegdorj, sementara di Rusia akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC).

Presiden beserta rombongan akan bertolak menuju Ulan Bator, Mongolia, Rabu pagi, dari Bandara Internasional Halim Perdanakusuma. Presiden dijadwalkan berada di Ulan Bator hingga Jumat (7/9).

Presiden juga akan bertemu Perdana Menteri Mongolia Norovyn Altankhuyag dan Ketua Parlemen Mongolia Zandaakhuu Enkhbold. Presiden pun dijadwalkan menghadiri pertemuan bisnis Indonesia-Mongolia.

Staf Khusus Presiden Bidang Hubungan Internasional Teuku Faizasyah, Selasa, mengatakan, kunjungan Presiden Yudhoyono ke Mongolia untuk semakin meningkatkan hubungan bilateral Indonesia-Mongolia, terutama untuk mencari peluang ekonomi baru terkait dengan posisi strategis Mongolia di Asia Tengah.

”Mongolia kaya sumber daya mineral yang perlu secara bilateral dikerjasamakan, antara lain untuk keperluan ketahanan energi Indonesia,” katanya.

Dari Mongolia, Presiden Yudhoyono bertolak ke Vladivostok, Rusia, pada Jumat, untuk menghadiri KTT APEC. Menurut Faizasyah, kehadiran Presiden Yudhoyono ke konferensi itu memiliki arti penting, mengingat akan dilakukan serah terima ketua APEC dari Rusia ke Indonesia untuk tahun 2013.

Selain mengikuti rangkaian KTT APEC, Presiden Yudhoyono juga dijadwalkan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden China Hu Jintao, Presiden Meksiko Felipe Calderon, Presiden Peru Ollanta Moses Humala, dan Presiden Cile Sebastian Piñera. (why)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com