Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LIPI, Lembaga Penelitian Terbaik Dunia Ke-99 Versi Webometrics

Kompas.com - 06/09/2012, 09:44 WIB
Ali Sobri

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) masuk dalam 100 besar lembaga penelitian terbaik di seluruh dunia. LIPI duduk di peringkat ke-99 dalam kategori penelitian dan pengembangan terbaik versi Webometrics edisi Juli 2012. Peringkat terbaru ini merupakan lompatan besar bagi LIPI setelah pada Januari lalu menempati peringkat ke-590.

Kepala LIPI Lukman Hakim mengatakan, tahun ini, LIPI memang mengalami peningkatan yang signifikan terutama soal kuantitas dokumentasi penelitian.

"Lembaga tersebut melihat dari beberapa faktor riset lembaga di seluruh dunia, dilihat juga dari visibility, researcher, publikasi. LIPI konsen dalam hal pendokumentasian hasil penelitian," katanya saat berbincang dengan Kompas.com usai membuka lokakarya kepustakawan di gedung Widya Graha LIPI, Jakarta Selatan, Rabu (5/9/2012).

Lukman menyebutkan, pemeringkatan ini membanggakan karena LIPI berhasil menembus 100 besar lembaga penelitian terbaik dari total 7.532 lembaga penelitian di seluruh dunia.

"Di Asia, lembaga riset Indonesia (LIPI) mampu menyaingi Malaysia dan Singapore, kalau lembaga riset lainnya seperti Jepang, China, India, dan Taiwan mereka masuk di 100 besar," tambahnya.

Webometrics menempatkan Lembaga Kesehatan Nasional Amerika Serikat dan Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) sebagai lembaga penelitian terbaik di peringkat satu dan dua.

"Mereka ada di urutan atas, selalu. Kita harus mencontohnya," tuturnya.

Webometrics rutin memublikasikan peringkat lembaga riset dua kali setahun, yaitu setiap bulan Januari dan Juli. Selain LIPI, lembaga penelitian asal Indonesia yang juga masuk peringkat Webometrics adalah Pusat Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian, yang masuk dalam urutan ke-290 dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com