Kompas.com - 06/09/2012, 09:44 WIB
Penulis Ali Sobri
|
EditorCaroline Damanik

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) masuk dalam 100 besar lembaga penelitian terbaik di seluruh dunia. LIPI duduk di peringkat ke-99 dalam kategori penelitian dan pengembangan terbaik versi Webometrics edisi Juli 2012. Peringkat terbaru ini merupakan lompatan besar bagi LIPI setelah pada Januari lalu menempati peringkat ke-590.

Kepala LIPI Lukman Hakim mengatakan, tahun ini, LIPI memang mengalami peningkatan yang signifikan terutama soal kuantitas dokumentasi penelitian.

"Lembaga tersebut melihat dari beberapa faktor riset lembaga di seluruh dunia, dilihat juga dari visibility, researcher, publikasi. LIPI konsen dalam hal pendokumentasian hasil penelitian," katanya saat berbincang dengan Kompas.com usai membuka lokakarya kepustakawan di gedung Widya Graha LIPI, Jakarta Selatan, Rabu (5/9/2012).

Lukman menyebutkan, pemeringkatan ini membanggakan karena LIPI berhasil menembus 100 besar lembaga penelitian terbaik dari total 7.532 lembaga penelitian di seluruh dunia.

"Di Asia, lembaga riset Indonesia (LIPI) mampu menyaingi Malaysia dan Singapore, kalau lembaga riset lainnya seperti Jepang, China, India, dan Taiwan mereka masuk di 100 besar," tambahnya.

Webometrics menempatkan Lembaga Kesehatan Nasional Amerika Serikat dan Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) sebagai lembaga penelitian terbaik di peringkat satu dan dua.

"Mereka ada di urutan atas, selalu. Kita harus mencontohnya," tuturnya.

Webometrics rutin memublikasikan peringkat lembaga riset dua kali setahun, yaitu setiap bulan Januari dan Juli. Selain LIPI, lembaga penelitian asal Indonesia yang juga masuk peringkat Webometrics adalah Pusat Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian, yang masuk dalam urutan ke-290 dunia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.