Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden SBY Bertemu Presiden Mongolia

Kompas.com - 06/09/2012, 10:13 WIB

ULAN BATOR, KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Kamis (6/9/2012) pagi,  diterima oleh Presiden Mongolia Tsakhia Elbergdorj dalam sebuah upacara penerimaan kenegaraan di Lapangan Sukhbataar, yang berdampingan dengan kompleks Istana Presiden Mongolia di Ibukota Ulan Bator.

Presiden SBY didampingi Ibu Ani Yudhoyono tiba di lapangan tersebut dan disambut oleh Presiden Mongolia beserta Ibu Negara Mongolia.

Kepala Negara didampingi Presiden Tsakhia Elbergdorj menerima penghormatan dari jajaran pasukan kehormatan dan juga didampingi oleh pasukan berkuda.

Kedua pasukan itu mengenakan pakaian prajurit khas Mongolia. Lapangan Sukhbataar merupakan pusat kota Ulan Bator, dihiasi oleh patung Genghis Khan dan Kubilai Khan yang dijaga oleh dua patung prajurit berkuda di sisi kiri dan kanan pilar.
   
Presiden SBY kemudian diterima Presiden Elbergdorj di State House dan melakukan pembicaraan empat mata yang dilanjutkan dengan pertemuan bilateral antara delegasi dari kedua negara. Selanjutnya, Presiden Yudhoyono dan Presiden Elbergdorj akan menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman sejumlah kerja sama antara kedua negara.

Masih di tempat yang sama, kedua kepala negara juga akan melakukan pertemuan dengan kalangan komunitas sipil Mongolia.

Selain itu, Presiden SBY juga akan bertemu Ketua Parlemen Mongolia Z Enkhbold dan PM Althankhuyag.

Pada sore hari waktu setempat, Presiden akan melakukan pertemuan dengan kalangan pebisnis di Mongolia untuk bertukar pikiran dan menyampaikan peluang kerja sama ekonomi baik bagi pengusaha Mongolia, mau pun mendengarkan informasi peluang bisnis di Mongolia yang bisa dimanfaatkan oleh pemerintah serta pengusaha Indonesia.
   
Malam hari, bertempat di Khan Uul Palace atau Istana Presiden Mongolia, Presiden SBY didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono akan menghadiri jamuan makan malam yang diselenggarakan oleh Presiden Elbergdorj.

Presiden SBY dan rombongan tiba di Bandara Chenggis Khan untuk melakukan kunjungan kerja hingga 7 September 2012, dan melanjutkan perjalanan ke Vladivostok, Rusia, untuk menghadiri KTT APEC.

Sejumlah pejabat yang ikut dalam rombongan Presiden antara lain Menteri Perindustrian MS Hidayat, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu, Ketua Umum Hipmi Raja Sapta Oktohari serta anggota DPR Roy Suryo. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com