Kompas.com - 06/09/2012, 11:29 WIB
|
EditorCaroline Damanik

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menilai laporan yang dilontarkan oleh Badan Analisis Keuangan Negara (BAKN) DPR mengenai dugaan penyimpangan di 16 PTN dan 3 Direktorat Jenderal di lingkungan kementeriannya merupakan kasus lama. Dia menegaskan, masalah tersebut terjadi pada tahun 2008 sebelum dirinya menjabat sebagai menteri pendidikan. Namun demikian, Nuh mengaku tak akan diam.

“Tentunya akan tetap kita tangani dan selesaikan masalah tersebut,” kata Nuh, di gedung Kemendikbud, Jakarta, Rabu (5/9/2012) malam.

Dia menyampaikan, kabar mengenai kasus ini diketahuinya melalui pemberitaan di sejumlah media. Akan tetapi, dia belum mempelajari kasusnya secara mendalam.

“Tetapi saya sudah mengintruksikan Irjen untuk dapat menindaklanjuti kasus ini. Jika laporannya sudah saya terima, pasti akan kami sampaikan kepada publik diketahui titik masalahnya," ungkap dia.

Secara tegas, Nuh meminta siapapun yang melaporkan dugaan penyimpangan uang negara di kementerian harus dapat memisahkan antara proses penganggaran, proses tender dan pelaksanaanya sendiri. Menurutnya, sangat kecil kemungkinan terjadinya penyimpangan saat proses tender.

“Karena proses tender dilakukan secara terbuka. Siapapun bisa memenangkan tender asal memenuhi syarat. Perbedaan nilai proyek juga mudah diketahui, kan bisa dilihat dari barang yang sudah dibeli,” tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.