Kompas.com - 06/09/2012, 15:40 WIB
|
EditorCaroline Damanik

JAKARTA, KOMPAS.com - Rektor Universitas Islam Indonesia (UII), Edy Suwandi Hamid berpendapat, tak terserapnya angkatan kerja terdidik di dunia kerja tidak sepenuhnya akibat dari kesalahan kurikulum. Menurutnya, pemicu lainnya adalah karena pemerintah tidak memiliki data akurat tentang kebutuhan tenaga kerja saat ini dan yang akan datang.

"Seharusnya pemerintah wajib memiliki sistem perencanaan ketenagakerjaan nasional," kata Edy saat dihubungi Kompas.com, Kamis (6/9/2012).

Dia menegaskan, pihak-pihak terkait seperti Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) harus duduk bersama merencanakan dan menyusun data-data tersebut secara benar untuk memetakan kebutuhan dan menargetkan jumlah lulusan yang diperlukan.

"Berapa kebutuhan masyarakat, apa saja kebutuhannya, harus diketahui lebih dulu, baru dapat ditentukan berapa jumlah lulusan yang akan dilahirkan dari pendidikan tinggi," tegasnya.

Dengan demikian, lanjut Edy, pemerintah dapat memberlakukan sistem buka tutup pada program studi maupun jenjang pendidikan tinggi berdasarkan kebutuhan.

"Jika lulusan diploma kurang ya harus dibuka pendidikan diploma lebih banyak lagi, jika jumlah lulusan program studi tertentu tidak lagi seimbang dengan jumlah peluang kerja, maka harus ditutup," paparnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.