Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pekan Depan, Ada Paku Melayang di UI Depok

Kompas.com - 07/09/2012, 10:17 WIB
Ali Sobri

Penulis

DEPOK, KOMPAS.com - Universitas Indonesia (UI) akan kembali menampilkan hasil riset dan pengabdian masyarakat sivitas akademika UI ke publik dalam acara bertajuk Gelar Ilmu UI 2012 di Balairung UI Depok, 12-13 September mendatang. Dengan mengusung tema "Menjadi Universitas Riset : Wujud Sumbangsih Keilmuan Universitas bagi Bangsa dan Dunia", perhelatan ini akan menampilkan ragam demonstrasi eksperimen yang menarik.

Demonstransi sains, permainan dan sejumlah kuis akan dikemas dalam acara yang disebut Fun Science. Dalam keterangan pers yang digelar di Science Park, Depok, Kamis (6/9/2012) siang, sejumlah aksi yang akan didemonstrasikan oleh tim Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) UI serta tim mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UI (FMIPA UI) dibocorkan. Apa saja?

Tim akan mempertunjukkan demonstrasi "Paku Melayang" dan "Wireless Power Transfer atau Charger Nirkabel".

Untuk demonstrasi yang pertama, 16 paku akan melayang di atas sebuah paku yang sudah tertancap pada sebuah papan. Paku-paku besar disusun berselang-seling lalu dengan bantuan gaya gravitasi, paku-paku ini akan saling menekan.

"Untuk bisa mengangkat mereka (16 paku tadi), posisikan penyangga paku utama ke dalam bagian titik keseimbangannya. Paku pun melayang secara bersamaaan," tuturnya.

Sementara itu, tiga mahasiswi semester 7 jurusan Teknik Elektro UI, Karuya Yessika Ratri Wiguna, Zesyara Melati Auzriani Ghaniyya, dan Riry Rizky, akan mendemonstrasikan "Wireless Power Transfer atau Charger Nirkabel". Bagaimana cara kerjanya?

"Inget aja ada guru SMA yang dulu pernah menjelaskan soal kumparan dan magnet. Kumparan yang dipaparkan ke medan magnet dimana di dalam kumparan akan mengalir arus listrik yang mengitarinya, ada juga perubahan medan magnet, maka perubahan besar akan menghasilkan arus listrik dari transmitternya. Jadi saat receiver atau penerima terinduksi arus magnetik, maka aliran listrik akan sampai atau diterima," kata Zesyara.

"Jadi kalau mau ngecharge atau menyalakan lampu bisa dari jarak tertentu tanpa menggunakan kabel," tambahnya lagi.

Kejutan lainnya

Selain kedua demonstrasi itu, Ketua Panitia Pelaksana, Yasman, mengatakan bahwa panitia menyiapkan beragam demonstrasi sains menarik lainnya. Dia menjamin bahwa acara Fun Science ini akan diminati oleh banyak pengunjung.

"Pokoknya masih ada yang lainnya, Nanti ada manusia melayang, efek tsunami, Jumping sodium, atau surat rahasia, pasta gigi gajah, Giant Smoke Rings, uang tak terbakar dan masih banyak lagi yang lainnya," tuturnya.

Yasman juga mengatakan bahwa acara ini terbuka untuk umum dan gratis. UI berharap bisa berbagi informasi soal riset dan wawasan sains kepada masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com