Kompas.com - 07/09/2012, 14:15 WIB
|
EditorCaroline Damanik

DEPOK, KOMPAS.com - Meski delapan nama yang sudah dinyatakan lolos verifikasi, tercatat 25 nama yang mendaftar secara online dalam bursa pemilihan rektor Universitas Indonesia (UI). Nama mantan Rektor UI Gumilar Rusliwa Somantri belum tercatat dalam delapan nama yang lolos verifikasi setelah kabar yang menyebutkan bahwa pakar sosiologi perkotaan itu akan kembali mencalonkan diri.

Ketua Panitia Khusus Pemilihan Rektor Universitas Indonesia (Pansus Pilrek) UI 2012, Endriantono Sutarto enggan memberikan keterangan lebih jauh mengenai keikutsertaaan Gumilar dalam pilrek UI. Endriartono mengatakan, panitia hanya akan mempublikasikan nama-nama bakal calon rektor yang memenuhi syarat yang ditentukan dan dinyatakan lolos verifikasi.

"Saya hanya boleh mensosialisasikan nama-nama bakal calon rektor yang secara administrasi sudah dinyatakan lolos, seperti apa yang ada di website," kata Endriantono kepada Kompas.com, Jumat (7/9/2012).

Endriartono juga enggan berspekulasi. Yang pasti, lanjutnya, kemungkinan besar nama bakal calon rektor bertambah. Pasalnya, masih ada waktu bagi para bakal calon yang sudah mendaftar untuk melengkapi berkas dan verifikasi baru sampai pukul 24.00 hari ini.

"Catatan terakhir memang belum ada nama incumbent, tapi bukan tidak mungkin, karena waktunya masih tersedia. Semua bisa diunggah secara online, dan prosesnya cepat," pungkasnya.

Panitia mencatat sudah ada 25 pendaftar calon rektor sampai kemarin. Dari jumlah tersebut, sekitar 15 calon yang melengkapi berkas dan baru delapan yang dinyatakan lolos verifikasi. Proses pendaftaran memang diperpanjang dari tanggal 31 Agustus lalu sampai 7 September.

Selanjutnya, agenda Pilrek UI akan memasuki babak baru. Para bakal calon diberikan waktu untuk melakukan cyber campaign sampai tanggal 21 September. Dalam masa ini, masyarakat luas bebas memberikan tanggapannya melalui media yang telah disediakan. Setelah itu, agenda dilanjutkan dengan seleksi Senat Akademik Universitas (SAU) pada 24-27 September 2012 untuk memilih lima calon rektor, serta seleksi akhir pemilihan rektor UI pada 9 Oktober yang dilakukan oleh seluruh anggota Majelis Wali Amanah (MWA) UI.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    Close Ads X