Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Olimpiade Sains Nasional-Pertamina Dibuka, Total Hadiah Rp 2,8 Miliar

Kompas.com - 10/09/2012, 18:40 WIB
Ester Lince Napitupulu

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Olimpiade Sains Nasional Pertamina 2012 (OSN Pertamina) yang memasuki tahun kelima, diharapkan diikuti sekitar 18.000 peserta.

Kegiatan berhadiah total senilai Rp 2,8 miliar ini merupakan komitmen PT Pertamina (Persero) dalam peningkatan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia bersama Universitas Indonesia (UI) sebagai mitra kerjasama dan didukung penuh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud.

 

Ali Mundakir Vice President Corporate Communication PT. Pertamina (Persero) di Jakarta, Senin (10/9), mengatakan tema pengnyelenggaraan OSN Pertamina tahun ini adalah Mencetak Generasi Sobat Bumi Berprestasi. Melihat kesuksesan tahun 2011, di mana lebih dari 16.748 mahasiswa ikut berpartisipasi, pada tahun panitia menargetkan lebih dari 18.000 mahasiswa akan berkompetisi.

 

Penyelenggaraan OSN-Pertamina 2012 terdiri atas tiga tahap, yakni pendaftaran peserta, seleksi tingkat provinsi (babak penyisihan yang akan dilakukan serentak di 33 Provinsi pada 25 September). Adapun final tingkat provinsi akan diselenggarakan pada 8 Oktober dan seleksi tingkat nasional pada 26-30 November.

 

Pendaftaran dilakukan secara online melalui website www.osnpertamina.com mulai 23 Juli - 15 September 2012.

 

"OSN-Pertamina terbuka bagi seluruh mahasiswa S-1 yang minimal duduk di semester tiga," jelas Ali.

 

Pada penyelenggaran OSN-Pertamina 2012, panitia melakukan serangkaian pengembangan dalam kategori lomba yaitu kategore teori dan proyek sains. Kategori teori meliputi bidang Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi.

Adapun kategori proyek sains dirancang untuk menjaring pemenang secara kelompok yang memiliki karya inovasi dan sains terapan di bidang energi dan pengembangannya yang disampaikan dalam karyaPrototipe dan dipresentasikan di depan Dewan Juri. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com