Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

90 Persen Mahasiswa Baru Lewat Undangan

Kompas.com - 11/09/2012, 02:32 WIB

Jakarta, Kompas - Pada penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri tahun 2013, sebanyak 90 persen melalui seleksi jalur undangan. Jalur tersebut khusus bagi siswa SMA/SMK lulusan tahun 2013.

”Adapun siswa lulusan tahun sebelumnya masih bisa mengikuti seleksi ujian tulis. Namun, alokasinya 10 persen dari kapasitas yang tersedia dalam penerimaan calon mahasiswa baru,” kata Idrus Paturusi, Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Indonesia, yang dihubungi dari Jakarta, Senin (10/9).

Menurut Idrus yang juga Rektor Universitas Hasanuddin, Makassar, penerimaan mahasiswa baru PTN lewat jalur undangan akan mempertimbangkan nilai rapor selama sekolah di SMA/SMK serta nilai ujian nasional (UN).

Untuk seleksi lewat jalur undangan ini, peserta tidak dipungut biaya karena biaya seleksi ditanggung negara.

Bobot UN

Ditanya soal integrasi hasil UN pada penerimaan mahasiswa baru PTN tahun 2013, Idrus mengatakan, hasil UN yang juga salah satu penentu kelulusan siswa di jenjang pendidikan menengah dipertimbangkan dalam penerimaan lewat jalur undangan. ”Nanti akan ada pembobotan. Berapa persentase dari nilai rapor dan nilai UN masih akan dibahas bersama,” ujarnya.

Dengan berubahnya sebagian besar penerimaan mahasiswa baru PTN lewat jalur undangan, pendaftaran menjadi terbuka bagi semua siswa kelas XII di jenjang pendidikan menengah. Sebelumnya, seleksi nasional lewat jalur undangan dikhususkan bagi siswa berprestasi yang direkomendasikan tiap sekolah, yang jumlahnya bergantung pada akreditasi sekolah.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, integrasi hasil UN harus mulai diterapkan pada 2013. ”Hasil UN harus terintegrasi di semua jenjang. Jika dari SD ke SMP serta dari SMP ke SMA bisa memakai hasil UN, kenapa di PTN tidak boleh? Jika alasannya hasil UN tidak bisa dipercaya, pelaksanaan UN terus-menerus dilakukan dan melibatkan perguruan tinggi,” kata Nuh.

Menurut dia, beban masyarakat untuk pendaftaran ujian masuk PTN selama ini cukup tinggi. Selain itu, di tingkat akhir, siswa SMA/SMK juga menjadi stres karena dibebani UN dan berbagai tes masuk ke PTN.

”Pemerintah memikirkan supaya ada satu cara penerimaan yang bisa berlaku untuk semuanya,” tuturnya.

Jumlah pendaftar calon mahasiswa baru PTN tahun ini sekitar 900.000 orang. Adapun kuota kursi bagi mahasiswa baru di 61 PTN hampir mencapai 200.000 kursi. (ELN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com