Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UI Perguruan Terbaik di Indonesia

Kompas.com - 12/09/2012, 14:31 WIB
Ester Lince Napitupulu

Penulis

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Universitas Indonesia (UI) tetap menjadi perguruan tinggi terbaik di Indonesia berdasarkan pemeringakatan versi Quacquarelli Symonds (QS) Asian Ranking University 2012 . UI berada di posisi 59 Asia (skor 59,68) berdasarkan daftar pemeringkatan perguruan tinggi dunia Quacquarelli Symonds (QS) Asian Ranking University 2012 yang dikeluarkan pada September 2012.

Perguruan tinggi Indonesia yang juga masuk dalam pemeringkatan ini adalah Institut Teknologi Bandung/ITB (peringkat 113) dengan skor (42,69), Universitas Gadjah Mada (peringkat 118) dengan skor (42,21), dan Universitas Airlangga (Peringkat 135) dengan skor (39,42).

Pemeringkatan QS Asian Rangking University bagian dari QS World University Ranking 2012 atau pemeringkatan perguruan tinggi dunia. Sebanyak lebih dari 600 perguruan tinggi terbaik di dunia dinilai berdasarkan lima bidang keilmuan yaitu Arts and Humanities, Engineering and Technology, Life Sciences and Medicine, Natural Science, Social Sciences & Management, dan secara keseluruhan UI berada pada peringkat 273 dunia

Siane Indriani, Kepala Kantor Komunikasi UI, Rabu (12/9/2012), mengatakan pencapaian UI mempertahankan peringkat yang terbaik di negeri ini didasarkan pada enam parameter pemeringkatan yang dinilai QS World University Ranking, yaitu academic reputation, employer reputation,student/faculty ratio, citations per faculty, international faculty dan international students. Salah satu indikator penilaian dalam QS World Ranking University adalah kegiatan riset.

Riset yang dikembangkan oleh Sivitas Akademika UI dikelola oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM UI). Pada 2012, total dana riset yang dikeluarkan oleh UI mencapai Rp 18,29 Miliar untuk 1.587 kegiatan riset. Berbagai pencapaian riset yang dihasilkan oleh para dosen dan mahasiswa UI akan ditampilkan kepada masyarakat umum dalam Gelar Ilmu UI 2012 yang diselenggarakan pada 12-13 September 2012 di Balairung, Kampus UI Depok.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com