Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyenangkan dan Mengesankan

Kompas.com - 14/09/2012, 03:39 WIB

Para peserta mengungkapkan kegembiraannya bisa mengikuti APCYS yang baru digelar petama kalinya itu.

Siswi kelas III Sekolah Menengah Atas (SMA) Chiang Mai University Demonstration School, Thailand, Phatthamon Kongkhambut (17), misalnya, merasa kagum dengan kebudayaan Indonesia, khususnya Kalimantan Tengah. ”Acara favorit saya waktu menari bersama-sama. Meski cukup melelahkan, saya senang. Pokoknya, semua acara tentang kebudayaan, saya suka,” tuturnya.

Para peserta menari diiringi musik khas Dayak pada malam hari setelah pembukaan APCYS. Phatthamon juga mengaku kagum menyaksikan tari tradisional dan pakaian batik bisa tetap lestari dipertahankan masyarakat Kalteng, termasuk generasi mudanya.

”Saya sungguh senang bisa berpartisipasi dalam APCYS. Ini lebih dari sebuah acara kompetisi karena peserta bisa mempelajari kebudayaan negara lain,” ujarnya.

”Saya bisa mendapatkan pengalaman baru. Saya kebetulan baru ikut acara seperti ini, tetapi sudah bisa meraih medali emas,” ujar Melody Grace Natalie (16), siswi kelas II SMA Stella Duce 1 Yogyakarta. Grace mendapat medali emas berkat hasil penelitian dalam bidang lingkungan. Prestasi itu memicu motivasi Grace untuk melanjutkan penelitiannya dan melakukan inovasi lagi. ”Saya paling senang ke TWBB. Baru tahu itu tempat pertapaan pahlawan dari Kalteng, Tjilik Riwut,” katanya.

MuDAers, teman-teman kita dari Indonesia ternyata mampu mengukir prestasi yang cukup membanggakan. Dari 13 peserta Indonesia, sembilan orang di antaranya mampu meraih medali, termasuk dua medali emas. Sementara tiga teman dari Kalteng mendapatkan satu medali emas dan dua medali perunggu.

Saat penutupan, sejumlah peserta APCYS terlihat sedih karena harus berpisah. Namun, mereka sekaligus juga gembira karena bisa berpartisipasi dalam acara yang sangat mengesankan itu. Belajar dengan metode ilmiah ternyata bisa sangat menyenangkan. (bay)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com