Kompas.com - 14/09/2012, 15:04 WIB
|
EditorRusdi Amral

 SURABAYA, KOMPAS.com- Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) setelah lulus sebaiknya jangan langsung kuliah, namun bekerja. Sebab lulusan SMK disiapkan untuk mengisi lapangan kerja sehingga begitu lulus langsung bisa terjun ke dunia kerja.

Hal ini dikemukakan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Rasiyo saat membuka pameran "Karya Cipta Mahasisawa dan Siswa SMK seluruh Jatim Tahun 2012 di Jatim Expo, Jumat (14/9/2012).

Dengan langsung bekerja, siswa dapat mengukur keahlian yang didapat untuk dipraktekkan dalam dunia usaha dan industri. "Ketika sudah memiliki pengalaman dan ingin menambah pengetahuan agar lebih ahli di bidangnya, baru menimba ilmu ke jenjang yang lebih tinggi lagi," katanya.

Salah satu misi Pemprov Jatim, meningkatkan mutu Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan mengurangi tingkat pengangguran. Jadi, Dinas Pendidikan Nasional hendaknya bersinergi dengan dunia usaha dan dunia industri. Apalagi Pemprov Jatim telah membagi perbandingan antara SMA dangan SMK 40:60, sehingga ke depan banyak sumber daya manusia di provinsi ini siap kerja.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jatim Harun mengatakan, guna menghadapi era persaingan global dan sejalan dengan kebutuhan SDM yang andal, tiap lembaga pendidikan dituntut dapat menyiapkan tenaga kerja yang terampil dam mempunyai jiwa wirausaha. Kegiatan pameran ini diharapkan dapat memotivasi mahasiswa agar mampu menyampaikan aspirasi dan potensinya, serta menuangkan ide untuk konsumsi ilmiah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.